Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mitos Atau Fakta Bulu Mata Bayi Akan Lentik Jika Dipotong Saat Lahir

Bunda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, apalagi untuk anak pertama. Bahkan memperhatikan detik kecil yaitu bulu mata, tentu saja jika bayi bulu matanya lentik akan terlihat lebih cantik dan tampan. Hal ini membuat banyak ibu memotong bulu mata bayi setelah lahir, apakah ini berdampak positif.

Pasalnya ini masih diperdebatkan sebagai fakta atau mitos, ternyata ini semua hanya mitos. Pasalnya bulu mata bayi tidak akan berubah menjadi lebih lentik sekalipun memotongnya saat baru berusia beberapa hari.

Bukan itu saja, banyak ibu juga mengikuti mitos, jika mengoleskan air ludah ibu ke bagian alis, bulu di bagian alis akan tumbuh hitam dan lebat. Bahkan ibu yang melakukannya, akan menemukan alias bayi mengalami kerontokan, pasalnya air ludah Anda memiliki kuman yang memperparah kondisi bayi yang masih sangat sensitif dengan hal baru.

Baca juga : makan cokelat bukan hanya bikin bahagia tapi bisa cerdas

Sekali lagi ditegaskan, ini hanya mitos dan sebaiknya tidak di ikuti, apalagi jika bayi memiliki kulit yang cukup sensitif. Karena memang kini sudah ditemukan cara yang terbukti aman dilakukan pada bayi, bahkan ini membuat bulu matanya dan alis semakin tebal.

Bahkan sudah ada penelitian di Singapura yang mengatakan, jika lentiknya bulu mata akan mengikuti faktor genetika, selain itu nutrisi yang didapatkan bayi sejak dalam kandungan hingga terlahir. Sehingga ibu hamil dan menyusui harus melindungi dan memilih menu makanan yang tepat, apalagi jika masih dalam periode ASI eksklusif selama 6 bulan.

Apa yang terjadi saat ibu menggunting bulu mata bayi setelah lahir, ini tidak membuat lentik dan mitos tidak terbukti kebenarannya. Bahkan hati-hati dalam menggunting, pasalnya bulu matanya yang terlalu pendek, membuat bulu mata tidak berfungsi dengan baik. Dimana seharusnya memberikan perlindungan terhadap mata, apalagi jika melihat cahaya yang menyilaukan dan benda asing yang datang secara mendadak.

Jika memang sudah terlanjur memotong bulu mata bayi, jangan menyesal ini memang bisa tumbuh kembali, namun tentu saja panjangnya tidak akan sama. Kembali lagi, ini tergantung dari genetika dan faktor nutrisi yang di konsumsi bayi.

Maka dari itu, tidak perlu memotong bulu mata bayi, ini tidak akan memberikan efek apapun apalagi membuat lebih lentik. Semua ini hanya mitos dan jika dilakukan akan terjadi efek buruk, jika memang ingin di cukur sebaiknya rambut bayi, karena ini kotor selama di kandungan sekaligus membersihkan kulit kepala lebih menyeluruh.

Related Post

Lima Jenderal Di balik Kekuatan Jokowi dan Prabowo Pemilihan Presiden 2019 masih akan berlangsung kurang dari setahun dan animonya saat ini hanya kalah dari Perhelatan Asian Games saja. Jokowi saat i...
Supir “Fake Taxi” Indonesia Berakhir D... Taxi menjadi salah-satu alat transportasi yang nyaman dan aman bagi penumpang di Indonesia. Bukannya mengantarkan penumpangnya sampai ke tujuan deng...
Seorang Wanita Tunarungu di Persekusi Oleh Para Wa... Kejadian kurang mengenakkan kembali terjadi di Indonesia. Kita tahu mungkin hidup sedang susah, banyak orang yang merasa seolah hidupnya dalam tekan...
Kebiasaan Telat Makan Malam Dapat Memicu Risiko Ka... Kebiasaan telat makan malam memang kini banyak terjadi, biasanya karena Anda telat pulang dan memilih untuk tetap berada di kantor setelah after offic...

One Comment

Comments are closed.