Sunday, November 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Misteri Munculnya Pulau Baru Akibat Bencana Lumpur Lapindo

Misteri Munculnya Pulau Baru Akibat Bencana Lumpur Lapindo

Banjir lumpur panas yang terjadi di Sidoarjo dikenal dengan sebutan Lumpur Lapindo. Merupakan peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran yang dilakukan oleh perusahaan Lapindo Brantas. Mengingat kejadian ini telah terjadi selama kurang lebih sebelas tahun banyak misteri Lumpur Lapindo yang belum banyak diketahui orang.

Kejadian tersebut terjadi di Dusun Balingnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan yang terjadi bertahun-tahun ini menyebabkan kawasan sekitarnya menjadi tergenang oleh lumpur panas. Berikut ini merupakan beberapa misteri di balik munculnya lumpur Lapindo.

Volume Lumpur Lapindo yang Semakin Bertambah. Berbagai skenario yang dilakukan pun gagal untuk mengatasi peningkatan volume lumpur panas yang terus terjadi. Di awal tahun 2007 saja, volume lumpur Lapindo sudah mencapai angka 7 juta meter kubik. Tentu angka tersebut sangat cukup untuk menenggelamkan beberapa kecamatan di sekitarnya.

Bencana Semburan Lumpur Lapindo Dengan Korban dan Kerugian yang Sangat Besar. Awal mula terjadinya kejadian tersebut saat dilakukannya pengeboran oleh PT Lapindo Brantas pada tanggal 29 Mei 2006 yang menyebabkan tidak stabilnya kondisi tanah di bawah lokasi awal. Namun karena lumpur tersebut memiliki tekanan yang tinggi akhirnya menyembur dan menenggelamkan wilayah di sekitarnya.

Akibat dari luapan tersebut setidaknya ada 16 desa di tiga kecamatan yang tergenang oleh lumpur pana setinggi enam meter. Lebih dari 25.000 orang harus diungsikan. Infrastuktur lain seluas 600 hektare dengan 1800 rumah, 18 sekolah, dua buah kantor, 15 pabrik, dan 15 masjid serta mushola lenyap ditelan.

Lumpur Lapindo adalah Bencana Alam. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyatakan bahwa semburan lumpur panas yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo merupakan bencana alam yang disebut dengan mud volcano. Selain di Sidoarjo, kejadian ini juga telah terjadi di beberapa tempat lain, namun yang paling parah memang terjadi di tempat ini oleh sebab itu, istilah lumpur Lapindo menjadi sangat populer.

Terdapat Gas Metana di Semburan Lumpur Lapindo. Kejadian banjir lumpur semakin diperparah dengan adanya semburan gas metana. Warga sekitar pun dihimbau untuk selalu mengenakan masker saat hendak keluar rumah agar gas berbahaya tersebut tidak ikut terhirup kedalam tubuh. Terlebih lagi akibat adanya semburan gas, terjadi kebakaran yang cukup besar di genangan lumpur tersebut.

Kerugian Akibat Investasi yang Ditarik. Akibat dari adanya luapan lumpur lapindo yang tak kunjung berhenti, banyak investor yang mulai takut dengan dana yang diinvestasikan di beberapa perusahaan di Sidoarjo. Kerugian daerah tersebut akibat banyak investasi yang ditarik keluar sekitar 50 miliar per hari.

Sebelas tahun berlalu dengan tersendatnya dana ganti rugi membuat puluhan ribu orang harus kebingungan dengan nasibnya sendiri. Setiap tahun pun dilakukan berbagai upaya untuk mendapatkan hak mereka, seperti melakukan demo penuntutan ganti rugi.

Muncul Pulau Baru Bernama Pulau Sarinah. Tidak hanya menimbulkan duka bagi warganya, namun lumpur Lapindo menimbulkan keajaiban berupa munculnya pulau baru yang terbentuk dari hasil sedimentasi lumpur. Pulau tersebut diberi nama Pulau Sarinah. Saat ini pulau tersebut menjadi objek wisata yang menarik untuk di tonton oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Tidak sedikit juga tempat ini dijadikan sebagai bahan penelitian oleh mahasiswa dan penelitian berbagai perguruan negeri.

Related Post

Wanita Ini Membuat Para Pria yang Suka Bermalas-ma... Anak-anak muda saat ini lebih  sering dianalogikan sebagai generasi manjayang memang sangat terlihat dari sebagian besar perilakunya saat ini. Namun...
Kerajaan Inggris Memberikan Larangan Keras Untuk C... Kerajaan Inggris memang punya tatanan peraturan yang cukup ketat, ini membuat semua keluarga kerajaan harus patuh di dalamnya. Bahkan calon raja kedua...
Orang Ini Laporkan Prabowo Dan Fadli Zon Ke Baresk... Farhat Abbas yang tergabung dalam Kopi Pojok atau Komunitas Pengacara Indonesia Pro Jokowi melaporkan 17 nama politikus nasional ke Bareskrim Polri ...
Di Kerajaan Suku Mosuo Ini Laki-laki Tidak Ada Har... Kebudayaan yang akan kita bahas di sini mungkin akan terdengar sangat asing di telinga Anda, di mana para masyarakatnya tidak mengenal konsep menika...