Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Minuman Sehat Untuk Kamu Yang Banyak Makan Daging Kurban

Minuman Sehat Untuk Kamu Yang Banyak Makan Daging Kurban

Pada hari raya Idul Adha, biasanya banyak tersaji makanan berbahan dasar daging. Sebut saja sate, gulai, hingga tongseng. Semuanya begitu menggugah selera. Meski terlihat menggiurkan, para ahli menyarankan kita untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi daging. Pasalnya, daging adalah bahan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Lemak jenuh sendiri merupakan jenis lemak yang bisa memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh dengan cepat.

Ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat, meski telah mengonsumsi daging. Salah satunya adalah memilih asupan makanan dan minuman dengan tepat. Jika sebelumnya kumparan pernah mengulas lima buah penurun kolesterol usai makan daging banyak, berikut kami rangkum lima minuman sehat penetralisir daging.

  1. Teh hijau

Minuman sehat pertama adalah teh hijau. Teh hijau sendiri sudah lama dipercaya bisa membilas timbunan lemak di dalam tubuh. Menurut beberapa studi, hal ini karena kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalam teh hijau. Konon, antioksidan bekerja membuang lemak dengan cara meningkatkan metabolisme pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi teh hijau tawar dalam porsi yang cukup, yaitu kurang lebih 200 ml sebanyak 1-2 kali sehari, terutama setelah mengonsumsi daging.

  1. Minuman rempah

Kunyit dan jahe merupakan rempah yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Kamu bisa mengonsumsi minuman rempah, seperti air jahe atau air kunyit setelah setelah banyak mengonsumsi daging.

Menurut studi, berbagai zat dan fitonutrien yang ada pada rempah terbukti ampuh menurunkan kadar lemak, bahkan kolesterol dalam tubuh. Hanya saja, minuman tersebut harus diolah dengan tepat dan diminum secara rutin.

  1. Es jeruk

Es jeruk merupakan salah satu minuman yang sering diandalkan saat cuaca panas. Rasanya yang asam segar, dipercaya bisa menjadi pelepas dahaga. Selain cocok diminum saat cuaca panas, minuman ini juga bisa jadi pilihan tepat dikonsumsi usai menyantap banyak olahan daging. Hal ini karena kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk bisa membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, jeruk juga kaya akan serat larut air yang bisa mengikat kolesterol dari makanan. Buah ini juga mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh. Bahkan menurut Jidong Sun, seorang peneliti dari University of Nebraska di Amerika Serikat, senyawa d-limone (dalam jeruk) bisa membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

  1. Jus jambu biji

Minuman dengan banyak kandungan serat menjadi pilihan yang tepat dikonsumsi usai menyantap daging. Salah satunya adalah jus jambu biji. Satu buah jambu biji sendiri dikemas dengan 8,9 gram serat. Kandungan serat yang tinggi itu konon bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Pada saat yang bersamaan, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam jambu biji bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) yang bisa memecah penyakit jantung.

  1. Jus apel

Jus apel juga bisa menjadi pilihan minuman yang dikonsumsi usai menyantap daging. Apel sendiri mengandung pektin –sejenis serat larut yang bisa membilas kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, apel juga mengandung tinggi polifenol –sejenis antioksidan yang bisa mengurangi perdangan. Dengan mengonsumsi jus apel, kamu juga bisa terhindar dari risiko jantung.