Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Minuman-minuman Ini Mampu Cegah Kembung Perut Kamu

Minuman-minuman Ini Mampu Cegah Kembung Perut Kamu

Rasa kembung di perut tentu bisa menghambat aktivitas kita. Selain membuat perut tak nyaman, kembung bisa mengakibatkan mual dan pusing. Saat rasa begah di perut ini datang, menyesap minuman herbal jadi pilihan mudah untuk meredakannya. Bahan-bahan alami pada minuman herbal telah lama dikenal ampuh melancarkan pencernaan. Aromanya juga akan membuat badan terasa lebih rileks.

Berikut kumparan berikan lima rekomendasi minuman herbal untuk menghilangkan rasa kembung di perut:

  1. Seduhan daun mint

Menurut jurnal A Review of the Bioactivity and Potential Health Benefits of Peppermint Tea yang diterbitkan tahun 2006, dalam daun mint terdapat flavonoid. Ini berfungsi menghambat aktivitas sel mast –sel di dalam usus yang bisa menimbulkan rasa begah. Mengkonsumsi daun mint juga dapat meredakan gejala kram usus dan masalah pencernaan lainnya.

Ditambah aromanya yang segar, menyesap seduhan daun mint akan meredakan rasa tertekan dan stres. Sebab, tubuh dan pikiran yang tegang akibat stres juga bisa menyebabkan rasa mual. Ini adalah imbas proses metabolisme yang tidak maksimal.

  1. Wedang jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai obat alternatif untuk pencernaan. Tak terkecuali kembung dan begah di perut. Berdasarkan jurnal Wilford Hall Medical Center yang dikeluarkan oleh US National Library of Medicine tahun 2007, jahe mengandung gingerol. Senyawa bioaktif ini bersifat antiinflamasi dan antioksidan.

Antioksidan akan menghalau radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk racun di dalam sistem pencernaan. Selain itu, gingerol juga akan menghasilkan sensasi hangat yang membuat perut terasa lebih nyaman.

  1. Teh chamomile

Chamomile juga bisa jadi pilihan untuk meredakan rasa tak nyaman di perut. Menurut jurnal US National Library of Medicine: Antidiarrheal and Antioxidant Activities of Chamomile, ekstrak chamomile punya sifat antiinflamasi yang berperan penting untuk melancarkan proses pencernaan.

Mengkonsumsi minuman herbal dari bunga ini juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan kenaikan asam lambung. Seperti diketahui, naiknya asam lambung bisa mengakibatkan rasa kembung dan mual yang mengganggu.

  1. Air lemon

Dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C, lemon ternyata juga bisa meredakan rasa kembung dan mual. Vitamin C yang bersifat antioksidan ini akan mencegah penumpukan racun di dalam alat pencernaan terutama usus.

Lemon juga kaya serat larut yang bisa melancarkan proses pencernaan. Dari penelitian Fiber and Prebiotics: Mechanisms and Health Benefits tahun 2013, serat larut di dalam lemon akan meningkatkan kesehatan usus. Bahkan bisa dimanfaatkan sebagai minuman pencahar alami.

  1. Rendaman rempah adas

Selama ini adas lebih dikenal sebagai bumbu masakan. Padahal, rempah mirip jintan ini bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi kembung. Seduhan adas yang kaya serat akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Gangguan susah buang air besar inilah yang sering menimbulkan rasa kembung akibat adanya tumpukan gas di perut.