Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Minuman-minuman Ini Bisa Bikin Badan Bugar Dan Segar

Minuman-minuman Ini Bisa Bikin Badan Bugar Dan Segar

Kopi memang salah satu andalan saat rasa kantuk menyerang. Bahkan minuman bercita rasa pahit ini sering menjadi pilihan untuk mengatasi rasa suntuk di sela-sela pekerjaan. Perpaduan aroma khas kopi ditambah kafein di dalamnya membuat mood membaik dan badan terasa lebih segar. Meski begitu, ternyata ada juga orang yang mulai menghindari konsumsi kopi karena beberapa alasan.

Mulai dari munculnya rasa cemas dan deg-degan, kesulitan tidur, hingga masalah pencernaan usai mengkonsumsi kopi. Apa kamu salah satu orang yang sering bermasalah dengan kopi? Berikut ini lima minuman penyegar badan yang cocok untuk menggantikan kopi.

1.Teh hijau

Saat fokus mulai berkurang, menyesap secangkir teh hijau hangat bisa menjadi pilihannya. Teh hijau tak hanya cocok untuk diet, tapi aroma harumnya yang khas juga dapat memulihkan tubuh dari rasa lemas.

Tak hanya itu, jenis teh populer Jepang ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa menjaga badan dari serangan penyakit. Ditambah serat untuk melancarkan pencernaan, teh hijau cocok diminum agar badan tetap bugar seharian.

  1. Masala chai

Masala chai merupakan minuman asal India yang telah lama dikenal memiliki beragam khasiat. Minuman ini memiliki aroma khas menenangkan karena terbuat dari teh hitam dan susu yang direbus aneka rempah seperti cengkih, kapulaga, serta kayu manis.

Campuran rempah-rempah di dalam masala chai juga membuat minuman ini cocok dihidangkan saat cuaca dingin. Kombinasi hangat dan lembutnya susu serta rempah aromatik dijamin akan membuat tubuh terasa lebih segar.

  1. Susu kunyit

Selain masala chai, susu kunyit merupakan minuman khas India yang cocok diminum di sela-sela padatnya pekerjaan. Terbuat dari campuran susu dan kunyit bubuk, kandungan zat kurkumin di dalamnya ampuh meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan minuman ini memiliki efek yang sama dengan ibuprofen, lho. Ibuprofen sendiri dikenal pula sebagai obat anti inflamasi yang berguna mengurangi sakit kepala hingga nyeri otot dan persendian.

  1. Cokelat panas

Bukan rahasia lagi, minuman bercita rasa cokelat memang ampuh meningkatkan kesegaran tubuh. Kandungan di dalam cokelat ampuh merangsang hormon serotonin agar mood tetap baik meski di tengah menumpuknya pekerjaan. Kandungan magnesium di dalamnya juga dapat menyokong tubuh kita agar tetap aktif seharian.

  1. Wedang jahe

Secangkir wedang jahe hangat ternyata memiliki efek yang sama dengan kopi untuk menyegarkan badan. Seperti halnya rempah-rempah lain, jahe juga bersifat anti inflamasi yang cocok diminum untuk mengurangi pegal-pegal dan nyeri di sekujur tubuh. Tak cukup di situ, di balik aromanya yang menenangkan, jahe juga bisa memperbaiki mood yang rusak akibat banyaknya pekerjaan yang tak kunjung usai.