Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Minuman Ini Sangat Dianjurkan Untuk Kamu Yang Sedang Flu

Minuman Ini Sangat Dianjurkan Untuk Kamu Yang Sedang Flu

Flu di tengah padatnya aktivitas tentu sangat merepotkan. Apalagi, bila disertai rasa pusing yang mengganggu, pekerjaan yang harusnya selesai tepat waktu, jadi terasa keteteran. Bila tugas menumpuk, seringkali kita tak sempat untuk memeriksakan kondisi kesehatan. Akhirnya, membeli obat pereda flu jadi solusi paling mudah.

Tapi, ternyata flu membandel juga bisa diredakan dengan rutin menyesap beberapa jenis minuman hangat. Umumnya, minuman herbal tersebut terbuat dari aneka rempah atau dedaunan aromatik yang diyakini bisa mengusir virus penyakit.

Cara membuatnya juga praktis, yaitu cukup direbus atau diseduh dengan air hangat layaknya teh. Dengan begitu, kamu bisa menjadikannya minuman sehat pereda flu saat di kantor, berikut rekomendasinya;

  1. Perpaduan jeruk dan jahe hangat

Air rebusan jahe ditambah potongan jeruk segar bisa jadi ramuan nikmat pereda flu. Dari jurnal Biological Properties of 6-gingerol tahun 2014, jahe mengandung senyawa bioaktif bernama gingerol yang berfungsi sebagai antiradang.

Sedangkan, jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan harian hingga 100 persen. Perpaduan dua bahan ini akan meningkatkan daya tahan tubuh agar flu tidak semakin parah. Ditambah aroma khas jahe juga bisa melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

  1. Teh mint

Teh mint punya aroma menthol nan segar yang bisa membantu membuka saluran nafas akibat flu. Mint juga punya sifat antibakteri yang berfungsi menghalangi bakteri masuk ke saluran pernafasan.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian tahun 2016 dari jurnal Springer Berlin Heidelberg, Jerman, aroma menthol pada mint juga berfungsi mengendurkan otot yang tegang penyebab sakit kepala. Caranya, cukup seduh beberapa helai daun mint dengan air panas, maka badan pun akan terasa lebih rileks dan bugar.

  1. Madu hangat

Seduh dua atau tiga sendok madu dengan air hangat sebagai ramuan penyegar badan. Dilansir jurnal Pediatrics tahun 2012, kandungan antimikroba pada madu efektif mencegah gejala flu. Terutama pada orang dengan usia muda di atas 1 tahun. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau batang kayu manis. Dua bahan ini juga berfungsi sebagai penambah nutrisi pada seduhan madu hangat.

  1. Chai latte

Chai adalah teh rempah-rempah yang lumrah dijumpai di India. Selain punya rasa dan aroma khas yang membuat badan lebih hangat, teh ini diyakini punya manfaat untuk mengusir beberapa penyakit.

Kandungan rempah-rempah yang bersifat anti-inflamasi akan membuat flu mereda. Apalagi, teh hitam yang biasa digunakan sebagai bahan utama chai latte punya antioksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan imunitas.

  1. Teh serai

Dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan, ternyata serai juga bisa diseduh untuk ramuan kesehatan. Serai mengandung asam chlorogenic, isoorientin, dan swertiajaponin yang punya sifat antiradang. Saat diseduh, serai juga akan mengeluarkan aroma khas yang membuat saluran nafas di hidung terasa lebih lega. Sekali menyesap saja, badan dan tenggorokan akan terasa lebih hangat.