Sunday, September 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk? Temukan Jawaban Pastinya

Minum air es memang paling segar saat cuaca panas, ini akan membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Namun pernahkah mendengar mitos minum air dingin dengan tambahkan es bisa meningkatkan berat badan, hal ini sontak membuat banyak wanita menghindari minum air putih dalam keadaan dingin. Mitos atau fakta, ada banyak penelitian yang menyebutkan kebenarannya.

Jika melansir beberapa lama resmi tentang kesehatan, apalah minum air es berpotensi meningkatkan berat badan dan bisa membuat gemuk. Anda tidak akan mengalami kegemukan jika hanya konsumsi air putih dalam keadaan dingin atau bersuhu rendah. Namun lain halnya jika mencampurkan dengan bahan manis lainnya, seperti sirup, gula atau susu, ini akan berpotensi meningkatkan berat badan, apalagi konsumsi di malam hari.

Hal ini juga dibenarkan oleh spesialis gizi, Dokter Diana Sunardi, dimana mengatakan jika minum air bersuhu dingin tidak akan meningkatkan berat badan, meskipun lebih baik minum air putih bersuhu normal (suhu kamar) saja. Apalagi jika ditambahkan bahan yang mengandung manis, seperti gula atau sirup. Minum es teh atau es sirup di siang hari, ini berpotensi besar meningkatkan berat badan.

Bukan hanya itu saja, jika Anda minum air es saat makan besar, ini juga berpotensi meningkatkan berat badan. Pasalnya, Anda tidak akan menyadari saat makan dengan minuman dingin akan membuat nafsu makan meningkat, sehingga maka lebih banyak dari porsi normal. Ini tidak masalah jika terjadi satu dua kali saja, namun hampir semua orang yang makan di rumah makan atau restoran lebih memilih menu minuman dingin.

Baca juga : Cara Makan Yang Benar Beri Jeda 30 Menit Baru Minum Setelah Makan Besar

Apalagi jika makan malam dengan menu yang cukup besar dan tambahan air putih dingin, ini akan sangat rentan sekali mengalami gemuk. Pasalnya Anda akan berusaha untuk menambah jumlah makanan, karena terasa lebih enak dan ingin nambah lagi. Hal ini bahkan sering tidak disadari dan membuat meningkatkan berat badan.

Jika hanya minum air putih yang dingin saja, ini tidak akan memberikan pengaruh apapun. Namun jika dijadikan minuman untuk makan, maka bisa menjadi gemuk. Pasalnya bisa menambah nafsu makan, jika awalnya Anda sudah cukup dengan satu porsi makanan, jika ditambahkan minuman dingin maka bisa bertambah menjadi dua kali lipat.

Ini tentu menjawab mitos yang berkembang belakangan, jika wanita takut minum air es. Tidak akan memberikan pengaruh apapun, kecuali Anda mencampurkan dengan bahan lainnya yang bersifat manis. Apalagi jika digunakan sebagai pendamping makan, usahakan untuk mengurangi minuman dingin di jam makan agar porsi makan tetap terjaga dengan baik.