Tuesday, April 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Merinding! Keju Marzu Terseram Di Dunia

Apakah anda adalah salah satu pecinta makanan barat atau western? jika iya sudah dipastikan anda adalah seseorang yang mencintai makanan dengan segala macam yang memakai keju. pernah mendengar keju marzu?

Yap! memang keju merupakan salah satu makanan yang pasti membuat selera makan semakin tinggi saat menyantapnya. terlebih jika makanan tersebut disajikan dengan keju yang meleleh menjadi taburan dibagian atas makanan tersebut.

Nah untuk semua pecinta keju, pernahkan anda mendengar keju marzu? keju marzu mmerupakan salah satu keju yang dihasilkan dari susu domba dan ino merupakan salah satu keju tradisional dari daerah Sardinia italia, keju ini merupakan keju yang sengaja di fermentasikan sampai busuk, dalam bahasa italia Casu Marzu merupakan “keju busuk”.

Gimana tidak merinding dan berani untuk dimakan, karena keju busuk ini banyak dihinggapi oleh belatung yang besarang pada keju tersebut, untuk pemasaran sendiri keju ini tidak boleh dipasarkan atau dikonsumsi di Uni Eropa, dan hanya ada di pasar gelap Sardinia, anehnya keju busuk ini dibuat oleh bantuan larva dari lalat yang masih merupakan keluarga dari Piophilia casei, dan dikenal dengan julukan cheese skipper, dan menurut anasilah kedokteran keju ini dapat menyebabkan muntah-muntah, sakit perut sampai paling berbahaya adalah penyakit usus.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan keju ini berasal dari susu domba, seteleh itu keju dijemur diarea terbuka dan secara sengaja memang mengundang lalat cheese skipper ini untuk bertelur dalam keju tersebut yang telah dijemur, setelah lalat tersebut bertelur dan menetaskan diri sebagai belatung, belatung tersebut akan mencerna keju tersebut, dan otomatis belatung tersebut memiliki kandungan enzim dan membuat reaksi kimia dimana lemak keju tersebut membusuk.

Cara lainya adalah dimana keju yang sudah jadi dipotong bagian atasnya, lalu pada bagian yang telah dipotong ditaruh benih beni belatung tersebut hal ini digunakan mempercepat proses pembusukan keju marzu ini, karena belatung ini pasti dapat bertahan hidup pada keju yang sudah matang dan siap untuk dimakan.

Cara penyajian

Keju busuk memang dilarang di Uni Eropa tetapi keju ini hanya ada dipasar gelap saja, dan cara penyajian makanan keju ini hanya disajikan dengan roti kering khas Sardinia beserta dengan wine atau anggur merah yang memiliki aroma pekat, dan jika ingin memakan keju ini para penyantapnya sebaiknya harus memakai pelindung mata untuk menjaga mata tersebut, karena guna untuk melindungi bola mata dari belatung yang dapat loncat sampai ketinggian 6 inci.

Berikut merupakan videp pembuatan Keju Marzu

One Comment

Comments are closed.