Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menyusui Bayi Di Tengah Malam, Ternyata Memberikan Banyak Manfaat

Menyusui bayi adalah kegiatan boanding ibu dan anak, maka dari itu penting sekali untuk memberikan asi eksklusif untuk 6 bulan ke depan. Dimana ada banyak manfaat untuk, mulai dari kedekatan secara emosi dengan ibu, mendapatkan banyak nutrisi penting bahkan bisa membantu perkembangan otak. Asi menjadi makanan terbaik jika dibandingkan dengan susu formula yang harganya selangit.

Namun Anda sering kali malam untuk menyusui bayi di tengah malam, padahal buah hati tengah kelaparan dan butuh asupan makanan. Tidak sedikit pasangan muda yang memilih memberikan susu formula dengan mata masih setengah terpejam, padahal ini tidak baik untuk ibu dan anak. Karena menyusui di tengah malam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

5 Manfaat Menyusui Bayi Di Tengah Malam

  1. Ibu Bisa Tidur Lebih Nyenyak

    Anda tentu merasa hidup mengalami perubahan besar dengan kedatangan buah hati, bahkan di tengah malam akan begadang semalaman karena si kecil mengajak bermain. Namun ini bukan hal yang mengesalkan, terlebih jika buah hati sedang menyusu di tengah malam. Nantinya akan memberikan Anda tidur yang lebih berkualitas, sehingga bisa mengurangi risiko stres dan depresi, apalagi untuk kelahiran pertama.

    Baca juga : Ibu Menyusui Sementara Dilarang Minum Kopi, Ini Alasan Logisnya

  2. Bayi Lebih Banyak Membutuhkan ASI di Tengah Malam

    Anda jangan mengabaikan tangisan bayi di tengah malam, ini memang cukup melelahkan namun buah hati Anda sedang membutuhkan orang tuanya, apalagi ibunya. Dimana membutuhkan asupan asi lebih banyak hingga 20 persen di tengah malam, apalagi untuk anak laki-laki. Anda bisa jadi harus menyusui bayi setiap 2 jam sekali.

    Bukan hanya untuk bayi, namun bagi ibu yang sudah melahirkan dan masih gemuk. Tenang saja, menyusui di tengah malam bisa menurunkan berat badan cukup banyak, bahkan porsinya paling banyak. Dimana memberikan asi eksklusif dapat menurunkan berat badan bahkan mengembalikan seperti semula, ada juga wanita yang mendapatkan bentuk tubuh lebih bagus setelah melahirkan.

  3. ASI Di produksi Lebih Banyak Di Malam Hari

    Asal Anda tahu saja, menyusui di tengah malam itu sangat bagus, jangan takut anak akan kekurangan sumber makanannya. Pasalnya di malam hari prolaktin atau hormon yang akan memproduksi ASI lebih tinggi, bahkan menjelang pagi hari. Itulah kenapa, bayi lebih suka mencari makanan di tengah malam. Ini sudah memperlihatkan jika bayi Anda cukup cerdas bukan, makan di saat terbaik.

  4. Porsi ASI Tetap Bagus

    Banyak ibu yang mengalami ASI tumpah di siang hari, hal ini karena memberikan susu formula di malam hari. Padahal Prolaktin lebih banyak di produksi di malam hari, dengan menyusui bayi di tengah malam, Anda sudah menjaga keseimbangan jumlah ASI hal ini baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Sehingga jangan malas untuk bangun di tengah malam dan memberikan ASI.

  5. Anak Menjadi Lebih Cerdas

    Anda sebagai orang tua tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan kuat, bahkan jika bisa tidak banyak mengalami sakit di malam hari. Menyusui bayi di tengah malam dapat merangsang perkembangan melatonin, ini akan meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga buah hati Anda mendapatkan sumber makanan terbaiknya, sekali lagi bayi memang sudah punya insting pintar sejak terlahir ke dunia.

Sudah jelas bukan, jika banyak sekali keuntungan dan manfaat menyusui bayi di tengah malam. Memang ini akan sangat melelahkan, sehingga saat bayi tidur di siang hari ada baiknya Anda ikut serta agar di malam hari bisa siap begadang. Bahkan banyak suami siaga yang siap menemani, bahkan memberikan dukungan penuh yang menyenangkan.