Tuesday, September 22Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menurut Jack Ma Hindarilah Orang Yang Suka Berkata Hal Ini

Menurut Jack Ma Hindarilah Orang Yang Suka Berkata Hal Ini

Jack Ma berkata, “Seringkali, kita mengira orang yang sering memperkatakan hal yang negatif, karena mereka memang orang yang blak-blakan atau sedang mengalami hari yang sulit”. Ternyata sebenarnya, kemampuan seseorang untuk membuat lawan bicaranya merasa nyaman itu merupakan hal yang sangat mendasar. Justru lewat perkataanlah, kamu bisa mengetahui kualitas seseorang. Kalau kamu menyadari di sekitar kamu ada yang berbicara seperti di bawah ini, ada baiknya kamu tidak terlalu dekat dengan dia

Orang yang suka berbicara tajam misalnya, kamu sedang nonton film favoritmu, tiba-tiba ia lewat dan melihat “Ngapain kamu nonton film kaya gini? Gak guna! ini hanya membuang waktu kamu saja” Kamu membeli sebuah gaun yang telah lama kamu idamkan, tiba-tiba ia datang dan mengejek “Berapa harga gaun ini? Ini terlalu mahal, pemborosan dasar!”

Ucapan seseorang bisa menjadi manis dan penyemangat, ketika yang dilantunkan adalah pujian. Namun sebaliknya, ketika kata-katanya adalah kritikan, komentar pedas, tak sedap di telinga, apalagi di hati, tentu akan meruntuhkan kepercayaan diri. Omongan orang biasanya akan membebani diri. Lalu mempengaruhi kehidupan kita dan tanpa sadar pelan-pelan menghancurkan apa yang kita miliki.

Ucapan orang lain itu ibarat batu besar, jika engkau memanggulnya maka patahlah tulang punggungmu. Namun jika engkau gunakan untuk membangun menara di bawah kakimu maka kata-kata itu akan menjujung engkau menjadi tinggi dan meraih kemenangan. Oleh sebab itu cara yang tepat untuk menyikapi teman yang suka berbicara tajam yaitu dengan tidak menjadikan perkataan orang lain sebagai sesuatu yang harus kita risaukan. Tak perlu diambil hati, jangan dijadikan beban. Toh, belum tentu orang yang mengomentari Anda memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dari Anda. Sekali dua kali bisa dimaklumi, tapi kalau sampai berkali-kali lebih baik Anda pergi menjauh darinya. Mungkin EQ dia rendah.

Banyak di antara kita mempunyai teman yang suka mengeluh. Misalnya,”Aduh! kenapa busnya telat? Kenapa mataharinya panas banget. Kenapa hujan melulu sih?” Yang ia keluarkan setiap harinya adalah perkataan keluhan dan kritikan. Ia tidak pernah melihat segala sesuatu dari sisi baiknya.

Tapi tahukah kamu? sebenarnya tanpa kita sadari mereka sebenarnya sedang menarik energi dari Anda dengan mengeluh seperti ini. Orang-orang yang suka berenergi negatif ada di mana-mana dan sulit dihindari. Pikiran negatif harus dihindari sebab berpengaruh buruk bagi kehidupan kita. Saat berinteraksi dengan orang negatif, maka kita akan lebih mudah terbawa ke dalam situasi negatif. Oleh sebab itu disarankan untuk menjaga jarak dengan mereka. Memilih menghindar bukan berarti mengabaikan, melainkan menjaga jarak agar tidak terpengaruh secara emosional.

Tidak ada satupun manusia yang tidak pernah berbohong. Biasanya manusia berbohong itu demi kebaikan dan terkadang kita seringkali berbohong tetapi tak ingin dibohongi. Ciri khas orang yang suka bohong, kata-katanya suka berubah-ubah tidak konsisten. Hari ini ngomong A, lain hari ngomong B. Akhirnya akan terlalu sering berbohong dan sulit untuk mengingat kebohongan-kebohongan yang telah dilakukan sehingga pada akhirnya salah bicara dan mulai terlihat terlihat ketidak konsistensiannya. Jika ia merasa sudah terpojok atau terpaksa, maka seorang ia akan mencoba mengalihkan perhatian orang yang menjadi lawan bicaranya dengan topik pembicaraan yang berbeda.

Kalau seseorang tidak pernah menunjukkan isi hati yang sebenarnya, kamu juga tidak perlu untuk sepenuh hati padanya. Lebih baik kamu menyadari hal ini lebih awal. Perkataan adalah cerminan seseorang akan karakternya, orang yang berkualitas tentunya akan terlihat dari kata-katanya.