Monday, October 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menu Sarapan Ini Dijamin Tidak Bikin Kamu Ngantuk

Menu Sarapan Ini Dijamin Tidak Bikin Kamu Ngantuk

Mengantuk saat kegiatan sedang padat-padatnya memang mengganggu. Konsentrasi bisa hilang, seketika penginnya hanya tidur saja. Tapi ini bisa dihindari, kok. Caranya dengan memilih menu sarapan yang tepat agar terhindar dari kantuk. Menurut ahli nutrisi dan ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardiansyah mengatakan bahwa sarapan yang bergizi dan berkualitas merupakan kebutuhan.

“Menu sarapan yang sehat terdiri dari kandungan energi, protein, vitamin, dan mineral yang seimbang, jadi tidak hanya asal kenyang, tapi harus bergizi”, jelasnya saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu (4/3). Gizi yang seimbang, selain bisa menambah energi juga tentu dapat menghindarkan kamu dari rasa kantuk. Agar bisa stay awake seharian, berikut menu sarapan yang perlu kamu nikmati di pagi hari.

  1. Oatmeal

Tahukah kamu, bahwa oatmeal masuk dalam kategori superfood? Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono selaku dokter gizi klinis dari RS. Cipto Mangunkusumo, oat merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan karbohidrat lain; seperti nasi atau roti.

Meski tinggi karbohidrat, oatmeal tak lantas membuat kantuk karena kandungan gulanya yang rendah. Justru kandungan karbohidratnya dapat menambah energi di pagi hari. Selain itu, seratnya juga baik untuk pencernaan.

Menyantap sarapan itu memang tidak hanya sekadar kenyang saja. Namun tubuh kita juga memerlukan santap pagi yang sehat dan bernutrisi untuk mengawali hari dan juga mencukupi kebutuhan tubuh.

  1. Pisang, alpukat, dan apel

Mengantuk memang bikin lemas. Nah, agar energimu kembali membuncah coba konsumsilah pisang, alpukat, dan apel. Mengkombinasikan buah ini dipercaya bisa mengembalikan kembali energi saat kantuk menyerang.

Pisang mengandung karbohidrat, sementara apel kaya akan serat, dan alpukat bisa menjadi sumber lemak yang menyehatkan. Kombinasi yang ciamik bukan? Untuk menu sarapan sehat yang juga dijamin akan membuatmu kenyang lebih lama.

  1. Matcha

Menurut penelitian salah satu jurnal terbitan Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, L-theanine dalam matcha membantu menurunkan stres dan rasa cemas. Meminum secangkir matcha di pagi hari juga tidak menyebabkan kantuk, sehingga badan akan terasa segar.

Selain itu, L-theanine yang dipasangkan dengan kafein dalam secangkir matcha, menghasilkan asam amino yang membantu meningkatkan kewaspadaan. Sehingga menyeruput matcha sebelum bekerja sangat disarankan, agar selalu fokus dan tak mudah lemas.

  1. Kopi

Selain matcha, kopi juga sudah lama menjadi minuman anti kantuk di pagi hari. Apalagi, kopi hitam panas yang disandingkan dengan roti panggang atau pisang goreng, menjadi menu pas untuk sarapan.

Pernyataan ini juga didukung oleh penelitian dalam jurnal Effect of Caffeine on Mood and Performance dari Cardiff University tahun 2002, yang menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan mood, fokus, hingga kesehatan mental di pagi hari.

Nah, agar kantuk benar-benar pergi cobalah minum kopi hitam yang ditubruk. Karena, menurut Christian Yodhie, salah satu pengajar di ABCD School of Coffee, kopi yang ditubruk adalah kopi murni yang kafeinnya tidak terganggu oleh proses apa pun. Tidak seperti espresso yang mengalami proses penekanan hingga penyaringan, sehingga kafeinnya berkurang.

  1. Omelete dengan keju

Bagi kamu pecinta menu sarapan gurih, omelete dengan keju bisa jadi salah satu pilihannya. Selain praktis –hanya mencampurkan telur, keju, dan susu– menurut jurnal dari University of Connecticut tahun 2010, seseorang yang sarapan telur lebih cepat merasa kenyang sehingga kalori yang masuk pun lebih sedikit.

Sedangkan keju yang tinggi protein akan membantu proses metabolisme sekaligus menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar. Kandungan gizi dalam telur dan keju ini bisa memenuhi asupan nutrisimu di pagi hari agar tetap terjaga dan tak mudah lemas.

  1. Yoghurt bercampur beri

Dari jurnal yang dikeluarkan University of Kansas Medical Center tahun 2010, yoghurt kaya akan probiotik yang juga tinggi protein. Protein ini menambah energi, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tambahan beri akan memperkaya serat yang bisa melancarkan pencernaan di pagi hari. Rasanya yang asam dan segar dijamin bikin kamu melek.