Wednesday, June 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menu Sahur Anti Mager Nan Enak Untuk Anak Kos

Menu Sahur Anti Mager Nan Enak Untuk Anak Kos

Salah satu aktivitas yang cukup rutin dilakukan saat bulan Ramadhan tentu saja adalah sahur. Untuk anak kos, aktivitas ini memerlukan perhatian tersendiri. Jam-jam sahur yang masih termasuk jam tidur membuat kita kadang enggan keluar untuk membeli makanan. Apalagi yang lokasi rumah kosnya jauh dari warung makan. Nah untuk mengatasi itu, Beautynesia punya lima menu enak dan sehat (anak kos harus tetap makan sehat) yang mudah kamu olah sendiri di kos. Cocok buat anak kos yang mager nih.

  1. Sarden

Menu ini bisa dikatakan paling mudah. Saat ini banyak dijual sarden kemasan dipasaran. Tinggal dipanaskan saja, sarden sudah siap dinikmati. Bahkan bagi yang tidak memiliki kompor, sarden juga bisa dimasak dengan menggunakan rice cooker. Makanan ini mengandung protein yang cukup tinggi.

  1. Omelet Sayur

Mungkin ini akan sedikit lebih rumit dibanding membuat sarden atau sekedar membuat telur dadar. Akan tetapi dibanding hanya menggoreng telur biasa, ada baiknya mencampur telur dengan beberapa sayuran. Pilihan sayuran bisa berupa wortel, bayam, kol dan sayuran lain sesuai selera. Menu ini dapat disajikan dengan saus sambal kemasan. Dalam sekali makan kita sudah menyerap karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

  1. Sandwich

Tidak ada salahnya mencoba menu sahur ala western. Membuat sandwich sangatlah mudah. Cukup kamu siapkan roti tawar, keju dan juga sayur-sayuran sebagai isiannya. Sebagai pasokan protein bisa ditambahkan sosis, telur atau daging. Kandungan karbohidrat bisa kita dapat dari roti dan vitamin dari sayur-sayuran. Akan tetapi untuk sebagian orang yang belum afdol jika belum makan nasi, sebaiknya hindari menu ini, supaya tidak kelaparan di siang hari.

  1. Bola-bola Nasi Keju

Menu ini bisa disiapkan sehari sebelumnya atau malam sebelum sahur. Cara membuatnya cukup mudah, campur nasi putih dengan keju sampai rata. Letakkan satu sendok makan nasi dan campur dengan keju mozarella, buat berbentuk bola. Agar lebih sehat, bisa ditambahkan wortel parut dan sosis. Lapisi bola-bola nasi dengan telur dan gulingkan ke dalam tepung roti. Untuk lebih menghemat bumbu, gunakan tepung roti yang sudah mengandung garam, bawang putih dan bumbu-bumbu lain. Simpan di dalam kulkas dan jika ingin menikmati, goreng dalam minyak banyak yang sudah hangat sampai bola-bola nasi berwarna kekuningan.

  1. Sayur Sop

Salah satu menu sayuran paling praktis bagi anak kos biasanya adalah sop. Bahan-bahannya relatif mudah didapatkan, seperti wortel, tomat, daun kol, kentang, seledri, dan buncis. Tinggal campur bahan-bahan dan rebus dengan bumbu.