Friday, August 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menu Pendamping Ketupat Di Hari Raya

Lebaran sebentar lagi, Anda tentu sudah memikirkan apa yang akan menjadi santapan di Hari Raya. Apalagi nantinya keluarga besar akan berkumpul, sudah pasti akan menyuguhkan menu khas lebaran yaitu ketupat. Tetapi tidak akan enak jika dimakan begitu saja, harus ada menu pendamping.

Biasanya memang menu opor dan makanan berkuah santan yang gurih jadi pendamping utama, namun tidak sedikit muncul usulan dari anak-anak untuk menggantinya karena sudah bosan. Ternyata ada beberapa menu pendamping ketupat yang enak di makan saat Hari Raya.

5 Menu Pendamping Ketupat di Hari Raya

  1.  Ketoprak

    Menu makanan khas Betawi ini memang enak di padukan dengan ketupat, anak-anak juga tidak akan merasa jenuh dengan olahan santan kental. Bahkan bisa menggunakan tambahan sayur seperti tauge dan kol.

    Menu tambahannya seperti bihun, tahu dan gimbal. Selain itu akan disiram dengan kuah sambal kacang yang bisa di variasikan tingkat kepedasannya. Ini akan membuat Hari Raya semakin semarak, bahkan bisa jadi menu ini tidak akan ditemukan di rumah lainnya.

  2. Rendang

    Makanan khas minang ini memang disukai dan menjadi menu utama saat lebaran, rasanya yang gurih, nikmat dengan bumbu meresap sempurna. Daging rendang juga empuk meskipun di iris tebal, hal ini karena proses memasak yang cukup panjang.

    Meskipun menggunakan santan dalam pengolahan, namun rendang disajikan dalam keadaan kering atau setengah basah, sehingga anak-anak tidak mudah jenuh dan eneg. Rendang juga bisa disimpan cukup lama, asalkan memilih daging yang segar dan bumbu cukup banyak, rendang basah bisa bertahan hingga satu minggu. Bahkan rendang kering, bisa tahan hingga 3 bulan asal di simpan dalam ruangan kedap.

  3. Gado-Gado

    Hampir sama dengan ketoprak, namun gado-gado lebih kaya sayuran dan lauk pauk. Jika dalam ketoprak hanya ada kol dan tauge, maka gado-gado bisa ditambahkan dengan sayuran hijau, tomat bahkan selada, bisa dipilih sesuai selera.

    Bisa ditambahkan juga dengan gimbal bahkan telur rebus, ini akan membuat cita rasa semakin khas. Selain itu, disiram dengan kuah bumbu kacang, sudah pasti suasana Hari Raya akan membuat semakin semarak bahkan dengan menu baru.

    baca juga : http://www.ulasandunia.com/memasak-daging-selalu-keras-atasi-dengan-cara-ini/

  4. Sate

    Mau yang lebih berbobot, kenapa tidak memilih sate. Ini memang bukan lebaran haji, namun tidak ada salahnya menyajikan menu sate untuk pendamping ketupat. Jika memang untuk lebaran, sebaiknya bakar sate setelah matang terlebih dahulu, nanti saat disajikan tinggal di panas lagi sehingga tetap bisa makan dengan nyaman.

    Ada dua pilihan menu sambal yang bisa disajikan, sambal kacang dan sambal kecap. Ini memang selera masing-masing, bisa juga menyajikan sate kambing, sapi dan ayam. Sehingga semua tamu bisa memilih sesuai kesukaan mereka.

  5. Aneka Soto

    Menu makanan berkuah juga membuat lebaran semakin semarak, Anda bisa membuat soto untuk pendamping ketupat. Selain rasanya yang gurih, kuah soto juga tidak terlalu kental sehingga cocok dimakan pada pagi, siang dan malam.

    Bisa membuat banyak varian soto, seperti coto makasar, soto betawi atau soto banjar. Bahkan bisa menyajikan menu soto andalan keluarga. Ini akan menjadi santapan lebaran yang berbeda, pasalnya soto biasanya dimakan bersama nasi, namun cocok juga di makan dengan ketupat.

Anda tentu sudah memikirkan apa menu pendamping untuk ketupat di Hari Raya nantinya, sebaiknya melihat siapa tamu yang datang. Jika memang ada banyak, tidak ada salahnya untuk membuat beberapa menu sekaligus, sehingga tamu bisa bebas memilih sendiri sesuai keinginan.