Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menu Makanan Sehat Anjuran Untuk Sahur

Bulan Ramadan adalah buah penuh rahmat, hal ini tentu sudah disadari semua umat muslim. Sehingga tidak ada alasan untuk bermalas malasan, menjadikan lapar dan haus sebagai kendala untuk menjalankan kegiatan setiap harinya.

Ini waktunya untuk membuktikan pengendalian diri, karena puasa sebenarnya untuk menahan hawa napsu. Anda harus menyesuaikan diri dengan pola makan di bulan puasa, apalagi saat santap sahur, sebaiknya konsumsi makanan yang bisa menjaga stamina selama seharian penuh, karena harus menahan lapar dan haus.

Menu makanan bergizi dan sehat memang penting, namun sudah tahukah Anda apa saja menu yang cocok untuk sahur. Berikut ini ada beberapa jenis menu makanan yang direkomendasikan jadi menu santap sahur yang bisa mendukung kegiatan sehari-hari.

3 Jenis Makanan Sehat Selama Puasa Untuk Menu Sahur

1.Makanan Dengan Kandungan Protein

Ternyata puasa tidak membutuhkan kandungan karbohidrat tinggi, melainkan harus memiliki kandungan protein tinggi sehingga bisa membuat badan tetap fit. Terdapat dua pilihan protein, nabati yang berasal dari tumbuhan dan hewani dari hewan dan ikan.

Artikel Terkait: Jelang Ramadan – Persiapan Makanan Menjelang Ramadan

Untuk anak-anak dan dewasa memang disarankan banyak konsumsi menu protein hewani, agar kebutuhan protein dalam tubuh tetap terjaga. Apalagi jika masih dalam tahapan pertumbuhan dan masih bersekolah di bulan puasa.

Sedangkan untuk dewasa, lebih disarankan untuk protein nabati, selain lebih aman dan tidak memicu penyakit berat. Ini juga menjaga terjadinya kenaikan berat badan, apalagi jika saat berbuka puasa banyak konsumsi makanan manis.

2. Makanan Dengan Kandungan Serat Tinggi

Selain protein, tubuh juga tetap membutuhkan kandungan serat untuk membantu proses pencernaan tetap aman dan tidak mengalami gejala maag atau sakit pencernaan selama bulan puasa. Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur, bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Berpuasa memang banyak disarankan oleh dokter untuk penderita kolesterol dan memiliki tubuh yang cenderung gemuk, konsumsi sayur akan membuat tubuh lebih kuat dan segar. Jika memang kurang suka, bisa memilih buah yang tidak diolah dan konsumsi secara langsung.

3. Makanan Dengan Kandungan Tinggi Kalsium

Tubuh memang akan mengambil kandungan kalsium jika tidak ada makanan yang masuk, hal ini sering kali membuat tubuh merasa lebih lelah dan pegal-pegal. Selama bulan puasa, usahakan untuk konsumsi susu tinggi kalsium, bisa juga ditambahkan dengan madu.

Ini bukan hanya menjaga kalsium dalam tubuh, namun juga bisa menambah stamina sehingga tidak mudah lemas dan menjaga daya tahan tubuh apalagi untuk anak-anak yang mudah sakit. Minum susu setelah sahur pada saat menjelang imsak, ini akan membuat perut lebih tenang dan puasa lebih lancar seharian.

Tidak sulit bukan untuk menemukan makanan yang tepat untuk sahur, beberapa saran menu makanan di atas bahkan bisa dengan mudah Anda temukan. Ada baiknya tidak konsumsi makanan berlebihan saat berbuka dan sahur, cukup sesuai porsi namun dengan kandungan protein, mineral dan vitamin tinggi, sehingga tidak akan merasa lemas selama berpuasa.

2 Comments

Comments are closed.