Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menjenguk Bayi Baru Lahir, Pahami Etika Agar Tidak Membuat Sang Ibu Bete

Menjenguk bayi yang barus lahir memang kegiatan sangat menyenangkan, ini sangat disukai semua orang, bahkan anak-anak. Namun jangan sampai hal membahagiakan ini menjadi tidak menyenangkan, pasalnya sang ibu yang baru melahirkan dalam kondisi tidak stabil, mengalami kelelahan, psikologi masih terguncang karena mengalami persalinan dan banyak hal lainnya.

Apalagi anak pertama, bahkan harus mengalami persalinan normal. Ini memang cara terbaik, namun akan menguras tenaga dan pikiran. Terlebih jika terjadi komplikasi pada bayi, seperti bilirubin tinggi atau mengalami kesulitan untuk menangis. Tentu akan muncul kecemasan tersendiri, terlebih jika buah hati sudah dinantikan sejak lama.

Ada baiknya jika akan menjenguk bayi, Anda harus pahami etika dasarnya terlebih dahulu. Ini memang tidak diberitahukan di sekolahan, melainkan pemahaman terhadap lingkungan. Sehingga agen menyenangkan ini tidak berakhir bencana dan membuat Anda harus bertengkar dengan ibu yang baru melahirkan.

Pahami 4 Etika Dasar Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

  1. Jangan Menyentuh Bayi Sembarang

    Bayi tentu saja sangat mengemaskan, apalagi jika saat lahir sudah membawa gen fisik kedua orang tuanya. Siapa pun akan mengatakan hal tersebut, terlebih orang terdekat. Jangan langsung mengangkat bayi dari box, terlebih jika usianya baru beberapa hari, ibu baru cenderung tidak suka jika anaknya apalagi anak pertamanya banyak disentuh orang lain.

    Baca juga : mitos atau fakta bulu mata bayi akan lentik jika dipotong saat lahir

    Anda sebaiknya menyentuh bayi setelah dipersilakan oleh ibunya, jika tidak mintalah izin terlebih dahulu. Ini memang hal kecil, namun sering kali menyinggung perasaan orang tua baru. Ada baiknya juga tidak melakukan banyak interaksi dengan bayi, apalagi jika mendapatkan perlakuan khusus saat melahirkan, tunggu hingga beberapa bulan ke depan maka sudah bisa terlihat normal.

  2. Memberikan Banyak Nasihat

    Anda mungkin sudah berpengalaman melahirkan beberapa anak, bahkan sudah tahu bagaimana cara mengurus anak. Tidak perlu memberikan banyak wejangan atau nasihat berat, cukup besarkan saja hati dan perasaan ibu baru. Ini hal yang jauh lebih menyenangkan, jika memang bertanya berikan tanggapan ringan sehingga lebih bersemangat mengurus buah hatinya nantinya.

    Hampir semua ibu yang baru melahirkan akan mengalami shock, sekalipun bukan kelahiran pertama. Maka dari itu, jangan terlalu banyak diajak bicara. Hal tersebut ditakutkan akan memicu stres, sehingga nantinya berpengaruh pada keluarkan Air Susu Ibu, bahkan banyak juga ibu yang mengalami sindrom baby blues.

  3. Menjenguk Dengan Banyak Orang

    Anda tentu paham aturan rumah sakit yang tidak boleh membawa banyak orang, sekalipun di jam besuk. Datang menjenguk bayi yang baru lahir, sebaiknya tidak datang dalam bentuk rombongan. Hal ini membuat ibu bayi kualahan karena tidak bisa memberikan jamuan yang baik untuk tamu, apalagi jika Anda datang dari jauh.

    Selain itu, bayi yang baru lahir sangat peka dengan apa yang ada di sekitarnya. Sering kali menangis jika pencahaan terlalu terang, terlalu banyak orang berbicara dan merasakan perubahan sedikit saja. Tangisan bayi untuk ibu baru sering keli membuat stres, karena merasa gagal tidak bisa menjadi ibu terbaik.

  4. Datang Bersama Anak Kecil

    Hal ini sebaiknya Anda hindari, pasalnya anak kecil cenderung sulit dikendalikan. Jika mereka merasa suka tentu saja ingin mendapatkannya, jika tidak bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, membawa anak kecil cenderung heboh dan suka berlarian, ini akan menimbulkan masalah baru terlebih jika datang ke rumah sakit.

Ini memang etika dasar dalam menjenguk bayi baru lahir, namun terbukti bisa memberikan panduan bagaimana bersikap nantinya. Banyak orang tua baru yang terlihat tidak siap, namun ini semua harus dimaklumi kehadiran buah hati biasanya membuat banyak pasangan merasa ingin memberikan yang terbaik.

Related Post

Putri Pertama Michael Buble Luisana Lopilato Telah... Putri pertama yang sudah sangat dinantikan Michael Buble dan istrinya, Luisana Lopilato memang melengkapi keluarga baru mereka. Sebelumnya Buble dan L...
Sampai Kapan Benang Kusut Lalu Lintas Di Pasar Min... Terdapat lebih dari 6000 pelanggaran yang terjadi di simpang Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pelanggaran-pelanggaran itu umumnya disebabkan oleh penu...
Charlie’s Angels Terbaru Akan Dirilis Dengan... Charlie’s Angels kabarnya akan kembali tayang di layar lebar, hal ini tentu sudah dinantikan banyak penggemarnya. Dimana terakhir lagi keluar pada tah...
5 Pasar Malam Di Bangkok yang Wajib di Kunjungi. Pasar Malam Negara Gajah putih sangatlah berjamur, Chatuchak telah mengilhami puluhan pasar malam yang luar biasa lain yang telah tumbuh di seluruh ...

2 Comments

Comments are closed.