Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menitipkan Anak Ke Pengasuh Atau Orang Tua, Anda Tentukan Dengan Bijak

Menitipkan anak menjadi pilihan tepat untuk wanita yang memilih untuk tetap bekerja setelah menikah dan memiliki anak, namun maraknya kasus penculikan, penganiayaan dan tindakan kasar yang terjadi pada anak, membuat Anda was was dan tidak dengan mudah melepaskan anak dengan orang yang tidak dikenal.

Banyak orang tua baru memilih untuk memberikan pengawasan penuh anak pada orang tuanya, alias nenek dan kakek sang cucu. Ini tentu akan jadi sebuah hal yang menyenangkan, namun bagaimana jika menjadi sebuah rutinitas. Apakah ini tidak akan menyebalkan atau sebaliknya menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk nenek dan kakek di masa senja, apalagi setelah pensiun dari pekerjaan.

Namun ada baiknya jika ingin menitipkan anak pada nenek dan kakek, harus menyertakan pengasuh anak, kenapa? Kedua orang tua Anda sudah tidak muda lagi, banyak faktor yang bisa menyebabkan kelalaian yang bisa berdampak buruk pada anak. Ini memang tidak disengaja, maka dari itu perlu adanya orang dewasa untuk mengawasi. Sehingga menghindari hal yang tidak diinginkan, apalagi jika orang tua sudah mulai kewalahan dengan keaktifan si kecil.

Sisi positif dengan menitipkan anak pada orang tua akan mendekatkan hubungan cucu dengan nenek dan kakeknya, sekaligus menjadi hiburan dan kesenangan tersendiri. Akan ada banyak hal kecil yang diajarkan, biasanya memang kebaikan kecil yang Anda sendiri mungkin lupa untuk mengajarkan pada anak. Selain itu, anak juga lebih mengerti dengan lingkungan, pasalnya orang tua akan tinggal di lingkungan perumahan bukan apartemen seperti yang Anda tempati sekarang bukan.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris, Kapan Waktu Tepat Anak Memulainya

Hal ini membuat keamanan lebih terjamin, anak-anak tidak mungkin akan mengalami tindakan tidak menyenangkan. Selain itu, tetangga juga secara tidak langsung akan memberikan penjagaan pada cucu sang kakek dan nenek. Sehingga Anda dan pasangan tidak akan mendapatkan laporan anak terjadi sesuatu yang buruk.

Namun ada sisi negatif dengan menitipkan anak pada orang tua, dimana kurang waspada dan tidak bisa bergerak cepat. Pasalnya sudah tua sehingga mudah lelah, selain itu anak juga akan mudah bingung dengan beberapa aturan yang berbeda antara di rumah nenek dan di rumahnya sendiri, ini membutuhkan komunikasi yang tidak mudah.

Jika melihat sisi positif dan negatifnya, ada baiknya tidak terlalu sering menitipkan anak hanya dengan orang tua saja. Ada baiknya pengasuh tetap diikutsertakan, ini untuk mengatasi hal berat seperti anak meminta gendong terus menerus karena sedang rewel atau masa pertumbuhan gigi. Untuk itu, jangan pernah melepaskan penjagaan anak dengan mudah, karena sekarang ini banyak hal negatif hanya untuk keuntungan pribadi.

One Comment

Comments are closed.