Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mengembalikan File Terhapus pada Android

Mengembalikan File Terhapus pada Android

Dengan dimensi layar yang relatif kecil, file yang tersimpan di ponsel rentan terhapus tanpa sengaja. Hal tersebut tentu menjadi persoalan tersendiri jika file yang hilang adalah file penting. Bagi pengguna ponsel Android, persoalan tersebut tidak perlu terlalu dicemaskan, karena ada sejumlah cara untuk mengembalikan file terhapus pada Android.

Cara pertama tidak dibutuhkan perangkat apapun namun ponsel harus terlebih dahulu diroot. Sedang untuk cara kedua tidak perlu melakukan root terhadap ponsel, tapi harus disiapkan perangkat pembantu, yakni laptop/PC serta Card Reader/USB. Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan file terhapus pada Android.

1. Untuk mengambalikan file yang terhapus tanpa perangkat pembantu, ponsel harus terlebih dahulu diroot, kemudian mengunduh aplikasi yang ada di Google Play. Beberapa aplikasi yang bisa dipakai diantaranya: helodroid, ndroid data Recovery 1.0.0.18, Undelete for Root Users, Disk Digger Undelete, dan aplikasi lainnya yang sejenis. Pilih salah satu aplikasi tersebut dan instal pada ponsel.

Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut kemudian tap menu Select Storage. Selanjutnya pilihlah Memory atau External Memory yang menjadi tempat dimana file terhapus dulu berada. Setelah ketemu, lakukan tap Scan Storage, dan tunggu hingga beberapa saat, sampai hasil scan muncul pada layar.

Teliti satu persatu hasil scan yang muncul di layar, atau untuk mempercepat bisa menggunakan search atau slide agar pencarian file dapat lebih spesifik. Jika file yang terhapus sudah berhasil diketemukan, lakukan restore dengan cara mengklik dan tahan serta pilih Restore Item. Selanjutnya, file yang terhapus akan kembali ke tempat semula.

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Android

Berbagai macam aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus hampir semuanya tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Untuk versi gratis biasanya hanya bisa dipakai untuk merestore file dalam bentuk foto, sedang untuk file jenis yang lain harus menggunakan versi berbayar.

2. Untuk mengambalikan file yang terhapus tanpa melakukan root pada ponsel, sebelumnya harus disiapkan perangkat laptop/PC, Card Reader/USB serta software yang bernama Recuva. Langkah pertama yang harus dilakukan, adalah menyambungkan memory card dengan card reader dan memastikan bahwa memory card terdeteksi oleh Laptop/PC.

Unduh software Recuva, instal pada Laptop/PC, dan jalankan softaware tersebut. Jika muncul jendela wizard, lakukan klik “Next” dan pilih tipe file yang akan direstore ke memory card. Jika semua jenis file yang ingin ditampilkan, pilih All Files. Pilih juga pada drive mana lokasi file yang akan dikembalikan. Selanjutnya pilih In a specific location apabila ingin memilih lokasi memory, atau pilih O’m Not Sure jika lokasi file yang akan dikembalikan terlupa.

Untuk melakukan pencarian file lebih mendalam, beri tanda centang pada Enable Deep Scan, kemudian klik Start untuk mencari file yang terhapus, dan tunggu hingga file tersebut berhasil diketemukan. Jika software sudah menemukan file yang terhapus, tugas selanjutnya adalah memberi centang pada file tersebut, sebelum melakukan klik kanan dan memilih menu Recovery Checked. Pilih drive yang menjadi tempat untuk menyimpan kembali file yang terhapus lalu klik OK. Selanjutnya  file yang terhapus akan berhasil dikembalikan.

Demikian beberapa cara untuk mengembalikan file terhapus pada Android. Semoga bermanfaat.

Related Post

Cara Mudah Hilangkan Capek dan Pegal Setelah Mudik Mudik adalah kegiatan tahunan yang sudah menjadi rutinitas, apalagi jika kini Anda bekerja atau bermukim di luar kota dan jauh dari kampung halaman. A...
Calvin Harris Mencetak Rekor, Berpredikat DJ Terma... Calvin Harris memang salah satu DJ paling ternama di dunia, bahkan hampir semua lagunya selalu masuk dalam chat billboard dan mencapai puncaknya. Tern...
Tips Semangat Bekerja di Kantor Selama Puasa Bulan Ramadan waktunya bekerja keras, jangan malas malasan hanya karena sedang menjalankan ibadah puasa, ini hanya akan menjadi beban dan tidak bisa...
Jawaban Jack Ma Pada Soal Matematika Buat Semua Au... Siapakah yang tidak mengenal Jack Ma? Dia adalah sorang pebisnis sukses asal Tionghoa yang merupakan pemilik dari Alibaba group, yaitu salah satu pe...