Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mengembalikan File Terhapus pada Android

Mengembalikan File Terhapus pada Android

Dengan dimensi layar yang relatif kecil, file yang tersimpan di ponsel rentan terhapus tanpa sengaja. Hal tersebut tentu menjadi persoalan tersendiri jika file yang hilang adalah file penting. Bagi pengguna ponsel Android, persoalan tersebut tidak perlu terlalu dicemaskan, karena ada sejumlah cara untuk mengembalikan file terhapus pada Android.

Cara pertama tidak dibutuhkan perangkat apapun namun ponsel harus terlebih dahulu diroot. Sedang untuk cara kedua tidak perlu melakukan root terhadap ponsel, tapi harus disiapkan perangkat pembantu, yakni laptop/PC serta Card Reader/USB. Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan file terhapus pada Android.

1. Untuk mengambalikan file yang terhapus tanpa perangkat pembantu, ponsel harus terlebih dahulu diroot, kemudian mengunduh aplikasi yang ada di Google Play. Beberapa aplikasi yang bisa dipakai diantaranya: helodroid, ndroid data Recovery 1.0.0.18, Undelete for Root Users, Disk Digger Undelete, dan aplikasi lainnya yang sejenis. Pilih salah satu aplikasi tersebut dan instal pada ponsel.

Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut kemudian tap menu Select Storage. Selanjutnya pilihlah Memory atau External Memory yang menjadi tempat dimana file terhapus dulu berada. Setelah ketemu, lakukan tap Scan Storage, dan tunggu hingga beberapa saat, sampai hasil scan muncul pada layar.

Teliti satu persatu hasil scan yang muncul di layar, atau untuk mempercepat bisa menggunakan search atau slide agar pencarian file dapat lebih spesifik. Jika file yang terhapus sudah berhasil diketemukan, lakukan restore dengan cara mengklik dan tahan serta pilih Restore Item. Selanjutnya, file yang terhapus akan kembali ke tempat semula.

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Android

Berbagai macam aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus hampir semuanya tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Untuk versi gratis biasanya hanya bisa dipakai untuk merestore file dalam bentuk foto, sedang untuk file jenis yang lain harus menggunakan versi berbayar.

2. Untuk mengambalikan file yang terhapus tanpa melakukan root pada ponsel, sebelumnya harus disiapkan perangkat laptop/PC, Card Reader/USB serta software yang bernama Recuva. Langkah pertama yang harus dilakukan, adalah menyambungkan memory card dengan card reader dan memastikan bahwa memory card terdeteksi oleh Laptop/PC.

Unduh software Recuva, instal pada Laptop/PC, dan jalankan softaware tersebut. Jika muncul jendela wizard, lakukan klik “Next” dan pilih tipe file yang akan direstore ke memory card. Jika semua jenis file yang ingin ditampilkan, pilih All Files. Pilih juga pada drive mana lokasi file yang akan dikembalikan. Selanjutnya pilih In a specific location apabila ingin memilih lokasi memory, atau pilih O’m Not Sure jika lokasi file yang akan dikembalikan terlupa.

Untuk melakukan pencarian file lebih mendalam, beri tanda centang pada Enable Deep Scan, kemudian klik Start untuk mencari file yang terhapus, dan tunggu hingga file tersebut berhasil diketemukan. Jika software sudah menemukan file yang terhapus, tugas selanjutnya adalah memberi centang pada file tersebut, sebelum melakukan klik kanan dan memilih menu Recovery Checked. Pilih drive yang menjadi tempat untuk menyimpan kembali file yang terhapus lalu klik OK. Selanjutnya  file yang terhapus akan berhasil dikembalikan.

Demikian beberapa cara untuk mengembalikan file terhapus pada Android. Semoga bermanfaat.

Related Post

Taman Nasional Langit Gelap Akan Segera Ada di Kup... Taman nasional langit gelap akan segera berdiri di Kupang, NTT, hal ini bahkan akan menjadi observatorium terbesar yang ada di ASIA Tenggara. Dimana b...
Harga Ripple Merosot Tajam Gelombang curam sepertinya sedang melanda mata uang dunia maya Ripple (crypto currency) dari awal pekan ini sampai sekarang. Hal ini dinilai adalah pe...
Apakah Ukuran Penis Berpengaruh Terhadap Kebahagia... Apakah wanita peduli tentang ukuran penis ? Ini adalah topik yang selalu diperdebatkan. Kami berbicara dengan beberapa wanita untuk mengetahui apakah ...
Jack Ma Menjelaskan Apa yang Harus Dilakukan Sebel... Satu hal lain lagi yang berhubungan dengan closing ceremony Asian Games 2018 adalah adanya Jack Ma yang terlihat mewakili Tiongkok sebagai tuan ruma...