Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mengapa Sri Mulyani Kembali Menjadi Menteri Keuangan Terbaik Di Dunia

Mengapa Sri Mulyani Kembali Menjadi Menteri Keuangan Terbaik Di Dunia

Mengawali tahun 2019 ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menorehkan prestasi tingkat internasional. Majalah keuangan The Banker yang dimiliki oleh Financial Times telah menganugerahkan gelar Finance Minister of the Year 2019 Global and Asia Pacific kepada perempuan yang kerap disapa Ani itu.

Dalam terbitan The Banker pada hari Rabu (2/1) kemarin, mereka menyebut Indonesia tahan banting di bawah arahan Ani. Padahal, Indonesia saat ini sedang dilanda dua bencana hebat yakni gempa di Lombok dan Palu sehingga mengakibatkan kerugian infrastruktur sekitar Rp5 triliun. “Sebagai respons, Sri Mulyani pun melakukan modernisasi respons negara tersebut terhadap bencana alam melalui pembiayaan risiko bencana dan strategi asuransi baru,” tulis The Banker.

Ani menggunakan strategi mengasuransikan seluruh bangunan publik mulai tahun 2019, melindungi dan juga membantu percepatan pemulihan pasca bencana. Ani pun juga mendapatkan ucapan selamat dari Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde. Lalu, apa komentar Christine terhadap pencapaian dari sahabatnya itu?

  1. Sri Mulyani dinilai telah berhasil menjaga ketahanan perekonomian di tengah bencana

Dari keterangan tertulis yang telah diterima dari Kementerian Keuangan, ada lima faktor mengapa Ani bisa terpilih menjadi Menteri Keuangan Terbaik. Hal itu ternyata dimulai dari ketahanan ekonomi hingga pengurangan pajak.

Ketahanan ekonomi Indonesia tercermin di tahun 2018 lalu saat negara ini banyak dilanda bencana. Defisit produk domestik bruto tahun 2018 pun diprediksi mencapai 1,86 persen, lebih rendah dari yang diperkirakan di APBN 2018 yakni 2,19 persen.

Majalah The Banker juga menyebut bahwa pencapaian Ani tergolong luar biasa sebab ia bisa tetap fokus bekerja kendati sempat dirundung berita duka, di mana sebanyak 21 pegawainya tewas dalam tragedi jatuhnya pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang.

  1. Sri Mulyani dinilai telah berhasil mengubah sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara

Faktor lainnya yakni Sri Mulyani juga berhasil mengubah sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara. Salah satu caranya yaitu dengan menyederhanakan proses pembayaran pajak dan penambahan lokasi tempat pembayaran pajak. “Hal itu terlihat dari Global Competitiveness Report tahun 2017 yang menempatkan Indonesia pada peringkat 41 dari 138 negara, turun empat peringkat dari tahun sebelumnya,” demikian isi keterangan tertulis dari Kemenkeu.

Ani juga telah memotong tarif pajak penghasilan untuk perusahaan kecil dan menengah. Sementara itu, pajak e-commerce dikenakan pada perusahaan e-commerce yang beroperasi dari luar negeri. Faktor lainnya yakni dengan adanya pengurangan pajak pada layanan ekspor milik Indonesia. Salah satunya yaitu dengan menaikan tarif pajak pertambahan nilai sebesar 0 persen untuk menstimulasi sektor tersebut.

  1. Bukan penghargaan Menteri Keuangan Terbaik pertama yang telah diterima oleh Sri Mulyani

Dalam catatan IDN Times, Ani juga sudah pernah meraih penghargaan serupa sebanyak dua kali pada 2018. Pertama, diberikan pada tanggal 11 Februari 2018 lalu di Dubai, Uni Emirat Arab. Penghargaan itu diberikan di sela pertemuan tahunan bernama World Government Summit.

Ani menerima penghargaan tersebut langsung dari pemimpin Dubai yaitu Syekh Mohammad bin Rashid Al Maktoum. Penghargaan itu juga diberikan usai melalui proses seleksi yang ketat oleh lembaga independen Ernst & Young.

Sementara itu, kali kedua diraih pada 13 Oktober 2018. Penghargaan itu telah diberikan oleh Majalah Global Markets di sela pertemuan tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Bali. Media itu menilai bahwa Ani layak diberi gelar Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik karena ia mampu mengelola kondisi fiskal dengan defisit anggaran terjaga di bawah tiga persen.

Hal ini juga terlihat dari realisasi penerimaan pajak yang mencapai 91 persen dari target dan penyerapan belanja pemerintah sebesar 97 persen pada 2017 atau lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

  1. Direktur Pelaksana IMF juga ucapkan selamat kepada Sri Mulyani

Atas semua pencapaian itu, maka Sri Mulyani pun mendapatkan ucapan selamat dari masyarakat, termasuk dari sahabatnya, Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde. “Selamat untuk teman saya tercinta, Sri Mulyani, yang telah diberikan gelar Menteri Keuangan terbaik oleh Majalah The Banker. Kerja yang sangat baik dan juga sangat layak,” demikian tulis Lagarde di akun media sosialnya pada Rabu (2/1) kemarin.

Keduanya memang sudah dekat sejak mereka masih menjabat Menteri Keuangan untuk masing-masing negara lebih dari 10 tahun. Ani dan juga Lagarde duduk dalam satu forum ketika Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan Bank Dunia di Bali pada bulan Oktober lalu.