Saturday, February 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mengapa Amsterdam Bisa Jadi Surga Bagi Para Pecinta Sepeda

Mengapa Amsterdam Bisa Jadi Surga Bagi Para Pecinta Sepeda

Pada awal abad ke-20, sepeda menjadi mode transportasi terhormat bagi pria dan wanita di Belanda. Namun, pasca perekonomian Belanda mulai meningkat, di era pascaperang, semakin banyak masyarakat Belanda mampu membeli motor maupun mobil. Lingkungan Amsterdam hancur karena karena membuat jalan untuk para pengendara motor atau mobil. Sekelompok aktivis kemudian melancarkan aksi protes seiring dengan meningkatnya korban kecelakaan lalu lintas.

Tercatat 3.300 kematian pada tahun 1971 dan lebih dari 400 anak tewas dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun itu. Ibu kota Belanda, Amsterdam, kini menjadi kota sepeda di dunia. Amsterdam menjadi rumah bagi 881 ribu sepeda. Untuk saat ini, Belanda memilik 22 mil jalur sepeda. Sebanyak 38 persen akses transportasi di peruntukkan untuk sepeda. Ini lebih besar di bandingkan di London, Inggris yang hanya 2 persen. Perkembangan sepeda di Belanda semakin berkembang, terutama sepeda listrik.

Tak ada yang menampik bahwa Amsterdam, Belanda, merupakan surga bagi para pesepeda. Kota ini menyediakan jalur khusus untuk sepeda (bike line) sebanyak 175 rute dengan bentang 93.427 kilometer. Bersepeda di Amsterdam, Anda pasti akan mengalami denyut kota yang nyaman, aman, damai, dan tenang. Ke mana pun tujuan Anda, bersepeda di kota ini akan sangat menyenangkan dan terhindar dari kemungkinan tersasar.

Di setiap awal dan juga penghujung rute terdapat papan penunjuk jalan yang jelas dan terukur. Pun bila Anda mengalami masalah selama dalam perjalanan, seperti ban bocor atau setang bengkok, di setiap pemberhentian terdapat bengkel sekaligus toko sepeda yang menyediakan berbagai perlengkapan dengan harga miring.

Tak mengherankan, kalau ibukota Belanda ini selalu didapuk sebagai kota terbaik dan paling ramah pesepeda versi Copenhagenize Index. Copenhagenize merupakan perusahaan konsultasi dan komunikasi yang mengkhususkan diri dalam segala hal yang berhubungan dengan bersepeda. Perusahaan pun memberikan penghargaan Copenhagenize Index berupa pemeringkatan terhadap kota-kota ramah sepeda di dunia. Amsterdam menjadi terbaik pada 2011, dan 2013.

Kota ini unggul hampir di semua kategori yang ada. Dimana kategori-kategori itu ternyata juga sudah termasuk pada advokasi, budaya sepeda, fasilitas bersepeda, infrastruktur, program berbagi sepeda, gender split, berbagi modal dan juga meningkatkan pangsa modal sejak tahun 2006. Ada pula persepsi keamanan, politik, penerimaan sosial, perencanaan kota, dan juga lalu lintas yang menenangkan. Desain infrastruktur kota ini dirancang sangat kompak.

Menandakan bahwa kemauan politik para pemangku kepentingan sangat positif dalam memperhatikan warganya. Mereka secara berkala memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana kota. Amsterdam pun kini menambah zona aman bagi para pesepeda sepanjang 30 kilometer. Bertambahnya jalur ini, jelas memperlambat “ritme” hidup kota, akan tetapi sekaligus berdampak pada bertambahnya tingkat keamanan dan kenyamanan bagi warganya.

Related Post

Di Negara Ini Para Wanita Justru Menganjurkan Lela... Ketua Forum Kebebasan dan Kewarganegaraan, Fathi Al-Zghal, mengkonfirmasi bahwa demonstrasi dadakan menuntut poligami karena semakin maraknya pere...
KNKT Akhirnya Ungkap Alasan Jatuhnya Lion Air JT-6... Data penerbangan dalam kotak hitam Lion Air JT-610 yang jatuh pada 29 Oktober lalu menunjukkan upaya keras pilot menaikkan hidung pesawat yang selal...
Bocah Kecil Ini Berusaha Melawan Kanker yang Terus... Kali ini kisah sedih datang dari Aceh dimana ada seorang anak berusia 6 tahun yang terkena kanker Limfoma. Nama bocah ini adalah Rangga Syahputra as...
Freelancer Tetap Bisa Ajukan KPR, Ikuti Caranya ? Banyak orang kini memilih bekerja secara freelance, karena dirasa lebih efektif dan bisa memiliki pendapatan lebih banyak. Namun sangat sulit untuk ...