Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Menelisik Kelahiran iPhone dan Samsung Galaxy Hingga Memesona Dunia

Hai sobat Ulasan Dunia, tentu kamu sudah mengetahui atau menjadi pengguna dari iPhone dan Samsung kan?

Tapi tentunya, kamu belum tahu perjalanan dari kedua merek smartphone tersebut hingga menguasai pasar ponsel pintar di dunia.

Menelisik ke belakang, sejarah produk Apple itu sendiri dimulai tanggal 29 Juni, tepat 12 tahun lalu. Tanggal 29 Juni 2007 menandai momen iPhone resmi dijual.

iPhone. (Foto: Dok Net)

Kehebohan Rillisnya iPhone

Merujuk ke artikel MacWorld, iPhone generasi pertama saat itu mulai dijual di Amerika Serikat dengan harga USD 499 buat model 4GB dan USD 599 buat model 8GB, sama-sama membutuhkan kontrak dua tahun.

Kelahiran iPhone disambut meriah. Konon, ribuan orang menunggu di luar gerai Apple dan AT&T beberapa hari jelang peluncuran.

Berdasarkan sebuah survei, menurut media Guardian, enam dari 10 orang Amerika Serikat bahkan sudah tahu persis iPhone akan rilis — setelah perangkat itu lebih dulu diperkenalkan 9 Januari 2007.

Dalam artikelnya mengenai kehebohan peluncuran iPhone perdana tersebut digambarkan bahwa para konsumen rela antre diterpa terik matahari dan guyuran hujan, “Demi dapat kesempatan menjadi salah satu pembeli pertama perangkat tersebut.”

Mengapa bisa demikian? “Beberapa bilang mereka mengharapkan handphone itu akan mengubah hidup mereka. Lainnya mengatakan cuma ingin agar bisa membanggakan diri di hadapan teman-teman. Banyak juga yang ingin menjualnya lagi dengan harga tinggi.”

Dalam sebuah pernyataan di Apple.com pada 10 September 2007, Apple mengumumkan sudah menjual iPhone tepat di angka 1 juta pada hari itu, cuma 74 hari setelah dijual pada 29 Juni.

“Satu juta iPhone dalam 74 hari. Butuh nyaris dua tahun untuk membuat pencapaian tersebut dengan iPod. Kami tak sabar menantikan agar produk revolusioner ini bisa sampai ke tangan lebih banyak pengguna pada musim liburan mendatang,” sebutnya.

Hal itu merupakan kutipan kalimat dari Steve Jobs, yang ketika itu menjadi CEO Apple. Jobs pula yang menjadi figur penting dalam membidani lahirnya smartphone buatan Apple tersebut.

Berdasarkan laman readwriteweb.com, proses menuju lahirnya iPhone generasi pertama pada 29 Juni sudah dimulai sejak 2004.

Saat itu Apple membentuk sebuah tim internal yang bekerja dalam kerahasiaan tinggi untuk menggodok produk ponsel layar sentuh.

Ada pula yang menyebut proyek tersebut, yang konon disebut sebagai “Project Purple”, dimulai tahun 2005.

Dilaporkan, Jobs memiliki gagasan sebuah produk smartphone dengan layar sentuh tanpa stylus, yang lazim ada saat itu, demi membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lebih baik lagi dengan perangkat pintarnya.

Sedikit perbedaan mengenai awal dari latar belakang dimulainya pengembangan iPhone itu sendiri setidaknya tetap punya sejumlah fakta yang sama.

Yakni bahwa Jobs, yang tutup usia di umur 56 tahun pada 5 Oktober 2011 yaitu sosok sentral yang mengomandani seluruh proses kelahiran iPhone dan bahwa perangkat tersebut lantas disambut sangat heboh oleh konsumen.

Walaupun produk iPhone zaman now banyak dikritik karena harganya yang kian tinggi dan dianggap minim inovasi, sulit membantah si “generasi pertama” memang benar-benar sukses memesona dunia pada zamannya.

Total sudah ada 21 produk iPhone yang diluncurkan sejauh ini dan titik tolak itu semua bersumber pada sebuah momen ingar-bingar pada tanggal 29 Juni 2007, 12 tahun silam.

Samsung Galaxy. (Foto: Dok Net)

Ponsel Galaxy Pertama Samsung

Terpisah Samsung mulai menapaki jalannya untuk menjadi vendor ponsel terkuat sejagat. Ya, kala itu, mereka merilis ponsel Galaxy pertamanya dalam diri Galaxy GT-I7500, yang sebelumnya diperkenalkan pada April 2009 lalu.

Smartphone tersebut mengusung layar AMOLED berukuran 3,2 inch dengan resolusi 320 x 480. Meskipun ia sudah mendukung touchsreen, Samsung masih menyertakan navigasi fisik dan tombol-tombol untuk mengangkat maupun menutup telepon. Belum ada kamera selfie di Galaxy GT-I7500 tersebut.

Pindah ke belakang, ada kamera 5MP lengkap dengan LED flash. Ponsel ini juga memiliki jack audio 3.5mm.

Mengusung microUSB untuk pengisian daya, ponsel ini memiliki baterai dengan kapasitas 1.500mAh, demikian dilansir dari GSM Arena, Minggu (30/6/2019).

Saat diluncurkan, Galaxy GT-I7500 menjalankan Android 1.5 Cupcake sebagai sistem operasinya. Di beberapa negara, Samsung menyediakan update ke Android 1.6 Donut untuk ponsel tersebut.

Tersedianya Android di dalamnya membuat perangkat tersebut juga sudah ditanami beberapa aplikasi bawaan dari Google seperti YouTube, Google Calendar, Google Talk, Google Search, dan Google Maps.

Menariknya, disebutkan bahwa Spotify versi beta juga tersedia untuk ponsel ini melalui Android Marketplace, atau yang sekarang dikenal sebagai Google Play Store.

Sementara,  untuk dapur pacunya, Galaxy GT-I7500 menggunakan chipset Qualcomm MSM7200A, lengkap dengan Adreno 130, yang dipadukan dengan RAM 128MB dan memori internal 8GB.

Sebagai penunjang, ia menyediakan slot micrsoSD sehingga bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 16GB.

Tersedia dalam balutan warna hitam dan putih, Galaxy GT-I7500 dibanderol sekitar 140 euro. Jika dikonversi pada saat itu, maka harganya berada di kisaran Rp 1,9 juta.

Walau tak menuai kesuksesan, Galaxy GT-I7500 tetap menjadi tonggak Samsung dalam menguasai pasar smartphone secara global.

Alasannya, sekitar dua tahun setelah peluncuran ponsel tersebut, nama mereka mulai bersinar terang setelah menghadirkan Galaxy S II ke pasaran, yang diikuti kesuksesan para penerus hingga Galaxy S10 sebagai seri terbarunya.