Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Memilih Smartphone yang Pas untuk Bermain Game

Memilih Smartphone yang Pas untuk Bermain Game

Semakin canggihnya tekhnologi yang dimiliki ponsel, membuat angka penjualan console game dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena piranti untuk berkomukasi ini mengalami perluasan fungsi sebagai sarana untuk bermain game. Bahkan, tidak sedikit mereka yang membeli ponsel dengan tujuan utama agar bisa bermain game dengan nyaman. Jika kenyamanan saat bermain game yang menjadi alasan utama, maka jangan asal comot saat membeli ponsel. Pilihlah, smartphone untuk bermain game dengan spesifikasi sebagaimana tersebut di bawah ini:

1. CPU atau Prosessor

CPU memiliki fungsi yang sama dengan otak manusia. Semakin cerdas otak seseorang, maka semakin banyak data yang mampu disimpan dan semakin banyak persoalan yang dapat dipecahkan. Begitu juga dengan CPU, semakin canggih prosesor yang ditanamkan, maka akan semakin lengkap jenis data yang bisa disimpan sekaligus diaplikasikan. Karena itu, agar bisa memainkan berbagai jenis game, bahkan yang berkualitas HD, pilihlah smartphone dengan prosessor Quad Core atau yang memiliki 4 inti (4 prosessor dalam satu chip).

2. RAM

Kualitas game untuk smartphone saat ini sudah banyak yang hampir menyamai game konsol, sehingga butuh memory yang besar untuk memainkannya. Jika kapasitas RAM pada smartphone terlalu kecil, game dengan ukuran yang besar tersebut tidak dapat dimainkan, atau kalaupun dapat dimainkan, jalannya akan lambat atau terjadi lag. Untuk itu, pilihlah smartphone dengan kapasitas memory atau RAM di atas 1 GB.

Baca juga: Akibat Buruk Bermain Video Game bagi Kesehatan

3. GPU

Smartphone untuk bermain game tentunya harus mampu menghadirkan tampilan grafis yang tidak kalah kualitasnya dari monitor/LCD CPU. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan GPU dengan kualitas yang setara dengan kartu grafis pada CPU. Agar tampilan grafis sesuai dengan yang diharapkan, pilihlah GPU yang selama ini dikenal handal dan memiliki kualitas yang bagus dalam menampilkan gambar, seperti Mali, PowerVR atau Adreno.

4. Layar

Kenyamanan dalam memainkan game sangat dipengaruhi oleh keberadaan layar, baik dari sisi ketajaman maupun ukurannya. Layar yang tajam membuat detail gambar terjadi dengan sempurna, sementara ukuran layar yang besar membuat jari-jemari lebih leluasa saat memencet tombol virtual. Meski sebaiknya memilih layar yang memiliki bentang lebih luas, namun hindari smartphone yang memiliki bobot terlalu berat, agar tangan dan jemari tidak mudah lelah saat memainkannya.

5. Storage

Storage atau ruang penyimpanan yang luas pada smartphone memungkinkan pengguna untuk mengoleksi berbagai macam game dengan ukuran yang berat. Karena itu pilihlah smartphone dengan ROM tidak kurang dari 8 GB, dan abaikan penambahan kapasitas memory menggunakan microSD. Kenapa demikian? Karena banyak game yang butuh untuk diinstal sebelum dapat dimainkan, sehingga mau tidak mau akan memakan kapasitas internal memory.

Demikian beberapa spesifikasi yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone untuk bermain game. (*)

Related Post

Tiga Faktor Ini yang Membuat Anda Bisa Bergabung d... Jack Ma lagi-lagi terus bikin sensasi dan takjub dengan caranya untuk menjadi pengusaha sukses. Bukan Cuma caranya menjadi penngusaha namun keahlian...
Ahmad Dhani Memohon Hal Ini Pada JPU Yang Menangan... Terdakwa dari ujaran kebencian, yaitu musisi Ahmad Dhani Prasetyo alias Ahmad Dhani meminta pada jaksa penuntut umum (JPU) saat menuntut dirinya nan...
Pemuda Ini Terombang-Ambing Di Lautan Lepas Selama... Dari akhir pekan yang lalu ada pengalaman dari sorang anak muda bernama Aldi asal Sulawesi yang bisa dibilang cukup ajaib sekaligus sebuah pengalama...
Sri Mulyani Diultimatum Presiden Gara-Gara Hal Ini Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani mengatakan pemerintah memberi dukungan penuh kepada sektor pariwisata karena bisa dibilang ini ...

One Comment

Comments are closed.