Saturday, December 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Membuat Video Perjalanan yang Indah

membuat video perjalanan

Bagi sebagian traveller, foto saja masih belum cukup untuk dipakai mengabadikan perjalanan, karena itu, banyak diantara mereka yang membawa dua peralatan dokumentasi (kamera dan video kamera) sekaligus selama melakukan travelling. Persoalannya, mengabadikan sebuah moment lewat foto tidak sama dengan lewat video, dan tidak semua orang bisa membuat video perjalanan dengan baik, karena memang dibutuhkan tekhnik-tekhnik khusus yang harus dipelajari.

Untuk dapat membuat video perjalanan dengan baik, berikut beberapa tips yang harus diperhatikan:

1. Cerita Perjalanan

Sebuah dokumentasi video yang tidak memiliki alur cerita, hanya akan menghasilkan gambar bergerak biasa, tanpa ada greget dari apa yang ditampilkannya. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan, buatlah kerangka cerita dengan referensi dari tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, tentu saja dengan terlebih dahulu mempelajari sesuatu yang unik dari tempat yang Anda tuju, seperti kondisi alam dan lingkungan, adat serta budaya setempat, kesenian tradisional atau makanan-makanan khas yang ada di daerah tersebut, dan sebagainya. Tentu saja Anda tidak perlu membuat storyboard, dan cukup hanya shotlistnya saja. Dengan memberinya cerita, maka akan ada yang disampaikan kepada penonton dari video perjalanan yang akan Anda buat, sehingga lebih menarik untuk ditonton.

2. Siapkan Peralatan Rekam

Dengan semakin canggihnya tekhnologi, banyak pilihan gadget yang bisa digunakan untuk merekam perjalanan Anda. Tidak harus dengan menggunakan video camera yang ukurannya besar dan kurang praktis untuk dibawa selama dalam perjalanan. Tapi cukup dengan memanfaatkan smartphone atau ponsel dengan OS Android yang memiliki kemampuan merekam video high definition (full HD) dengan kualitas yang istimewah, baik dari sisi kepekaan cahaya, kepekaan warna, maupun kepekaan suara. Pastikan gadget yang Anda pakai untuk merekam tersebut memiliki ruang penyimpanan data (space storage) yang lega, sehingga Anda tidak sampai kehilangan momen penting untuk diabadikan disebabkan habisnya ruang untuk menyimpan data. Jangan lupa, untuk senantiasa membackup data hasil rekaman video setiap harinya.

Baca juga: Foto Paspor Sebaiknya Tersenyum, Ini Akan Memberikan Banyak Manfaat

3. Aksesoris Pendukung

Aksesoris pendukung adakalanya dibutuhkan untuk kesempurnaan video yang Anda hasilkan. Masalahnya, jika terlalu banyak membawa aksesoris pendukung, seperti Slider dan PortaJib. Michrophone, Lampu LED, juga Tripod, sedikit banyak akan mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Itu sebabnya, pilihlah aksesoris pendukung yang benar-benar Anda butuhkan, dan tidak terlalu merepotkan saat dibawa dalam perjalanan.

4. Rekam Sebanyak-banyaknya

Ingat, video yang Anda hasilkan adalah video traveller yang masuk genre documentary. Karena itu, lakukan shot sebanyak-banyaknya, mulai yang establish sampai dengan camera movement . Karena, semakin banyak gambar yang dibuat, akan semakin banyak stok gambar yang bisa dipilih saat memasuki proses editing.

5. Edit Gambar

Setelah pulang dari perjalanan, kumpulkan semua hasil gambar yang telah Anda rekam, dan lakukan proses editing, dengan memilah dan mimilih gambar yang terbaik diantara stok gambar yang ada. Selanjutnya, terserah Anda, apakah hasilnya untuk dijadikan koleksi pribadi serta tontonan keluarga, atau dibagikan melalui jejaring vlog seperti Vimeo ataupun Youtube, atau dishare lewat website.

Related Post

Warteg Dengan Konsep Franchise Pertama di Indonesi... Siapa sih yang tidak tahu warteg alias warung tegal. Khususnya anak kos apa lagi yang tinggal di jakarta pasti tahu tempat makan murah meriah ini. N...
Mitos Atau Fakta, Hamil Muda Dilarang Berhubungan ... Hamil muda memang fase yang cukup rentan, ini akan terjadi pada wanita yang mengandung di trimester awal. Apalagi untuk ibu yang baru hamil anak perta...
Makanan Keberuntungan Pembawa Hoki, Mau Coba? Pernah terpikir adanya makanan keberuntungan, hal ini tentu saja akan dicari banyak orang. Dimana Anda tentu ingin mendapatkan hoki (keberuntungan - b...
Pilihan Alternatif Transportasi dari Hongkong inte... Hii...Para traveler dalam kesempatan kali ini kita akan merangkum Pilihan Alternatif Transportasi Umum setibanya di Bandara Hongkong.Untuk menuju ke...