Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Membersihkan Wajah Setiap Hari, Hindari Lakukan Tindakan Ini

Membersihkan wajah adalah kegiatan wajib yang dilakukan setiap wanita untuk menjaga wajah tetap terlihat bersih, mulus dan cantik. Apalagi jika selalu makeup cukup tebal untuk ke kantor, sudah pasti di sore hari akan membersihkan secara menyeluruh, sisa makeup, kotoran dan debu. Jika tidak maka akan muncul jerawat dan komedo membandel.

Namun kini banyak blogger kecantikan menyarankan untuk menghentikan membersihkan wajah, karena ini cara yang salah. Bahkan bukan hanya itu saja, salah membersihkan bisa membuat kulit menjadi rusak dan cepat mengalami penuaan dini. Hal ini tentu sangat mengerikan bukan, Anda ingin merawat malahan jadi merusak.

Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara merawat wajah yang benar. Jangan sampai salah perawatan harian, sehingga membuat kondisi wajah semakin parah. Selain itu, jika melakukan perawatan dengan tidak tepat, penuaan dini dan kerutan di wajah menjadi ancaman utama yang sangat menakutkan.

3 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Wajah

  1. Jangan Hanya Menggunakan Tisu Makeup

    Banyak wanita sengaja menyiapkan tisu wajah untuk membersihkan makeup, ini memang sangat bagus. Pasalnya bisa membersihkan lebih menyeluruh, selain itu Anda juga tidak perlu membawa banyak perlengkapan wajah dalam tas. Namun ternyata dalam tisu wajah tersebut terdapat kandungan lain seperti alkohol yang cukup tinggi, beberapa jenis kulit tidak terlalu cocok dengan alkohol.

    Apa yang harus dilakukan? Menghentikan penggunaan? Ini bukan hal bijak, tetap membersihkan wajah dengan tisu khusus makeup, namun sebelum tidur cuci muka. Sehingga alkohol menjadi netral dan terbuang bersama air, ini hal yang paling mudah untuk menghilangkan kotoran membandel penyebab jerawat.

    Baca juga : Suhu Dingin Akibat Cuaca Ekstrem, Ini Saran Dokter Agar Tetap Hangat

  2. Terlalu Sering Menggunakan Exfoliating

    Ini merupakan treatment yang bisa dilakukan di rumah namun terasa seperti di salon kecantikan, dimana alat exfoliating bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih bersih. Selain itu, dapat juga merangsang perkembangan sel kulit baru lebih cepat, namun hati-hati dalam penggunaan. Jangan sampai di luar batasan yang sudah ditetapkan oleh dokter, maksimal 2 kali dalam seminggu.

    Kenapa bisa demikian? Pasalnya gesekan dengan alat exfloating bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam pori-pori, selain itu kelembapan kulit menjadi berkurang dan terasa lebih kering. Ada baiknya jika melakukan treatment oxfloating sendiri di rumah, lakukan pemijatan lebih pelan dan tenang, sehingga tidak akan menimbulkan gangguan lain pada kulit.

  3. Terlalu Sering Melakukan Shower Pada Wajah

    Anda suka membersihkan wajah dengan air hangat, ini memang bagus. dimana bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan wajah menjadi terlihat lebih segar, bersih dan putih. Namun harus perhatikan wajah jika terlalu sering dibersihkan dengan air hangat, ini akan membuat kebakaran wajah yang tidak Anda sengaja lakukan.

    Pasalnya suhu panas akan membuat pori-pori menjadi terbuka lebih besar, sehingga kotoran bisa masuk dan mengakibatkan jerawat. Selain itu, kulit sensitif akan cenderung mengalami kemerahan bahkan terjadi iritasi. Hal yang lebih parah lagi, biasanya kulit menjadi sakit dan terasa sangat kering saat terkena air.

Apakah Anda sering atau terlalu rutin membersihkan wajah dengan beberapa metode di atas? Ada baiknya tidak dilakukan setiap hari, karena memberikan dampak negatif. Memang ada banyak manfaat, namun hal baik jika dilakukan terlalu sering tentu akan menjadi sebuah keburukan. Rawat wajah dengan rutin, namun jangan terlalu sering.

One Comment

Comments are closed.