Monday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Membasuh Vagina Dengan Benar, Ini Cara Tepat Agar Tidak Gatal

Membasuh vagina, banyak wanita yang melakukan begitu saja tanpa melihat kebersihan air dan tangan. Hal ini ternyata memberikan pengaruh besar, mulai dari membuat vagina mengeluarkan bau tak sedap, terasa gatal bahkan menyebabkan iritasi, sehingga akan terasa sakit saat akan buang air kecil atau terkena sentuhan.

Anda tentu tidak mau terjadi masalah pada organ reproduksi bukan? Dimana banyak terjadi kanker yang tidak bisa disembuhkan, hanya karena malas menjaga kebersihan vagina. Maka dari itu, ada baiknya untuk membasuh vagina dengan benar. Belum tahu caranya, ikuti petunjuk mudah berikut ini agar bisa hidup sehat dan nyaman.

4 Cara Membasuh Vagina Dengan Benar Agar Tidak Gatal

  1. Bersihkan Hingga Bagian Vulva

    Anda biasanya hanya membilas atau mengarahkan air hingga bagian vagina saja, ini adalah bagian luar. Padahal hingga bagian vulva atau bagian dasar vagina harus dibersihkan, karena kemungkinan terkena kotoran dan debu akibat penggunaan celana dalam yang tidak sesuai. Maka dari itu, harus membersihkan vagina cukup lama.

    Baca juga : Bra Kawat Dan Berbusa, Apakah Aman Digunakan Sehari Hari

  2. Pastikan Air Sesuai Dengan pH Vagina

    Jika Anda banyak menggunakan air sabun, maka ini tidak akan sama bahkan merusak pH vagina. Pasalnya pH sabun mencapai 8 dan dalam kondisi basa, sedangkan vagina dalam kondisi asam dengan tingkat pH mencapai 3,5 hingga 4,5. Inilah yang bisa menyebabkan iritasi bahkan bagian vagina terasa gatal, jika ini masih belum terlalu lama bisa diatasi dengan sabun dengan pH sesuai dan membasuh vagina dengan benar.

  3. Pastikan Membersihkan Vagina Satu Kali Dalam Sehari

    Anda tidak perlu menyempatkan waktu khusus untuk membasuh vagina, cukup bersihkan saat mandi di pagi dan sore hari. Ini sudah cukup untuk menjaga kebersihan dan keseimbangan vagina, selain itu jangan terlalu sering membersihkan, karena vagina juga membutuhkan bakteri baik dan jahat dalam jumlah seimbang. Jangan sampai, salah satunya mendominasi misalkan bakteri baik maka janin tidak akan tumbuh karena terlalu steril.

  4. Hindari Membersihkan Vagina Bagian Dalam Sendiri

    Jangan terlalu bersemangat dalam membasuh vagina, sehingga berniat membersihkan hingga bagian dalam. Ini akan merugikan Anda sendiri, pasalnya tidak mengetahui dengan pasti dan tidak akan berhenti hingga merasa sakit. Dimana Anda tidak tahu bagaimana cara membersihkan yang tepat dan sampai sejauh mana.

Jika memang merasakan ada keluhan sakit atau gatal, sudah membasuh vagina beberapa kali namun belum hilang. Maka bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, sehingga mendapatkan kondisi vagina yang sebenarnya. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya bagaimana cara membersihkan vagina dengan tepat, hal kecil namun sangat menguntungkan bagi wanita.

Related Post

Mau Tampil Cantik dan Elegant Ala Putri Inggris, S... Tampil cantik bak putri kerajaan tentu tidak murah, selalu menggunakan gaun hasil desainer ternama dan terlihat cantik di hadapan banyak warga dan med...
Mitos Atau Fakta, Hamil Muda Dilarang Berhubungan ... Hamil muda memang fase yang cukup rentan, ini akan terjadi pada wanita yang mengandung di trimester awal. Apalagi untuk ibu yang baru hamil anak perta...
Mitos dan Fakta Tentang Pil Kontrasepsi Darurat Ya... Bagaimana anda menangani hubungan seks yang dilakukan tanpa menggunakan kondom ? Apakah dengan mengkonsumsi pil kontrasepsi darurat (kondar) ? Anda pe...
Jerawat di Bibir, Kenali Faktor Penyebabnya! Jerawat di bibir memang sangat menjengkelkan, bahkan membuat Anda kesal serta pusing bagaimana cara mengatasinya. Selain bisa membuat rasa percaya dir...

One Comment

Comments are closed.