Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Memasak Daging Selalu Keras, Atasi Dengan Cara Ini

Menjelang lebaran, Anda tentu sudah menyiapkan menu makanan spesial yang akan disantap bersama keluarga, bahkan akan berkumpul dalam acara besar. Daging menjadi bahan protein utama yang akan jadi menu santapan, namun Anda tidak percaya diri dalam mengolah daging. Bukan karena cita rasa, melainkan daging selalu dalam kondisi keras setelah matang.

Mengapa bisa demikian? Daging memang memiliki tekstur yang lebih keras, maka dari itu sengaja sebelum dimasak harus di lembutkan terlebih dahulu, bisa juga memilih daging muda sehingga tidak mengalami kesulitan dalam pengolahan.

Tidak perlu membanting daging untuk melembutkannya, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Bukan hanya daging sapi, namun bisa juga daging ayam dan bebek atau unggas lainnya.

5 Bahan Alami Untuk Membuat Daging Menjadi Empuk

1. Kopi

Ini bukan hanya enak di konsumsi sebagai teman terjaga sepanjang malam, ternyata kopi isa membuat daging menjadi empuk dan mudah diolah. Caranya, buat kopi seperti akan diminum. Rendam daging dalam kopi, diamkan seharian, ini tergantung banyaknya daging. Jika memang memasak dalam jumlah banyak, gunakan kopi cukup banyak bahkan merendam sepenuhnya.Ternyata bukan hanya membuat daging menjadi empuk, aroma khas kopi bisa menghilangkan bau amis dan tak sedap. Sehingga lebih mudah mengolah daging nantinya, tenang tidak akan menghilangkan cita rasa dan protein di dalam daging yang akan diolah nantinya.

2. Nanas

Ini buah yang sudah cukup dikenal untuk melunakkan daging, bahkan banyak digunakan untuk menghilangkan bau amis. Namun yang digunakan bukan nanas matang untuk dimakan langsung, melainkan nanas muda.Caranya, parut atau potong kecil kecil nanas muda, balurkan banyak semua daging. Diamkan minimal 3 jam, hasil lebih bagus jika didiamkan semalaman di lemari pendingin. Hasilnya daging menjadi lebih lunak, mudah di potong dan di masak.

Baca juga: 5 Jenis Sayuran yang Tetap Mesti Dimakan oleh Pemakan Daging

3. Daun Pepaya

Penggunaan daun pepaya untuk melunakkan daging sudah banyak digunakan, apalagi jika mendapatkan daging kurban yang umurnya sudah cukup tua. Caranya juga cukup mudah dan hanya membutuhkan daun pepaya saja, bisa yang masih muda atau sudah tua.Caranya, gunakan beberapa lembar daun pepaya, remas remas hingga mengeluarkan getahnya. Bungkus daging secara menyeluruh, diamkan minimal 2 jam. Cara ini banyak digunakan tukang sate kambing yang baru memotong kambing di hari yang sama, daging tetap segar dan bisa di konsumsi secara langsung.

4. Teh

Minuman yang banyak digunakan setiap harinya ini bukan hanya memberikan kebaikan saat di seduh, namun bisa melunakkan daging. Jika untuk daging, gunakan teh hitam tanpa tambahan gula, sehingga hasilnya bisa lebih bagus.Caranya, rendam daging hingga keseluruhan dalam teh, hasil akan lebih bagus jika dipijat pada bagian permukaan daging. Ini akan membuat teh meresap dan melunakkan hingga ke bagian terdalam, tidak perlu terlalu lama hanya 30 menit saja daging akan lebih lunak dan siap di makan.

5. Jahe

Bukan hanya berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, namun juga bisa melunakkan daging sebelum di masak. Ini sudah banyak digunakan, memang cocok untuk daging yang akan dimasak hingga beberapa hari ke depan, teksturnya tetap ada namun tidak remuk saat di masak.Caranya, parut beberapa ruas jahe (tergantung banyaknya daging) diamkan 30 menit sebelum dimasak, ini bisa melunakkan daging karena terdapat enzim proteolitik, dimana bisa menguraikan ikatan protein dalam daging, sehingga rasanya tetap lembut namun tidak hancur jika di masak cukup lama.

Silakan pilih sendiri mana bahan yang tersedia di rumah, bahkan kopi setelah di seduh semalam juga bisa digunakan. Namun untuk teh, jangan gunakan teh sisa atau basi yang di seduh di hari sebelumnya, karena tidak akan memberikan pengaruh apapun pada daging.

Related Post

Payudara Terasa Sakit, Ini Penyebab Dan Cara Menga... Payudara terasa sakit, ini hal yang sangat mengganggu untuk wanita. Apalagi saat masih dalam jam kerja, karena Anda banyak menggunakan pakaian yang cu...
Tumit Kasar dan Pecah-Pecah, Segera Haluskan Denga... Tumit kasar dan pecah-pecah banyak dialami setelah memasuki usia 15 tahun, dimana telapak kaki tidak lagi terasa lembut. Hal ini karena kurang nutrisi...
Sering Masak Ternyata Bisa Memicu Tambah Gemuk Loh... Sering masak ternyata menjadi sebuah kebiasaan yang memancing seseorang menjadi gemuk loh!, hal ini tidak banyak disadari para wanita. Pasalnya saat m...
Sony Picture Bocorkan Keseluruhan Film Khali The K... Sony Picture melakukan sebuah kesalahan fatal, dimana seharunya mengunggah trailer atau potongan film 'Khali The Killer' yang berdurasi 1 menit 30 det...

One Comment

Comments are closed.