Saturday, March 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mau Tahu Cara Stabilkan Video Yang Goyang Di Android

Mau Tahu Cara Stabilkan Video Yang Goyang Di Android

Hasil rekaman video dari handphone (HP) kamu goyang? Jika kamera HP kamu tidak dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), hasil videonya akan terlihat shaky. Meski demikian, kamu bisa memperbaiki rekaman video tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ini 5 rekomendasi aplikasi stabilizer video pada gadget Android yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

  1. Google Photos, cukup tekan satu tombol saja
  2. Deshake, bisa lakukan stabilisasi real-time tanpa harus menunggu
  3. Video Smoother Stabilizer, pesaing aplikasi ciamik pada Apple
  4. Open Camera, fitur all-in-one untuk rekam video berkualitas
  5. Quik, selaraskan video dengan audio untuk hasil optimal

Smartphone Android saat ini rata-rata sudah didukung kemampuan OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) untuk membuat hasil rekaman video minim goncangan. Namun pada smartphone kelas menengah atau di bawahnya, fitur stabilisasi video hanya terbatas pada EIS saja.

Meski diklaim sudah peningkatan dalam perekaman, tidak sedikit video yang dihasilkan mengalami goncangan, terutama saat merekam sambil bergerak. Untungnya sekarang Google sudah memberikan sebuah fitur khusus yang bisa mempermudah pengguna menyajikan video yang lebih stabil.

Lewat layanan Google Photos yang biasanya sudah terinstall otomatis di setiap smartphone, fitur ini bisa digunakan langsung secara gratis. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama-tama buka aplikasi Google Photos dan cari file video goyang yang ingin dibuat lebih stabil. Selanjutnya klik tombol edit di tengah dan pilih menu Stabilize. Tunggu sebentar hingga prosesnya selesai. Durasi video menentukan cepat atau tidaknya proses stabilisasi video.

stabilkan-video-di-android

Jika prosesnya sudah selesai, hasilnya bisa langsung dilihat dengan menekan tombol play. Untuk menyimpan videonya, klik tombol Save yang berada di pojok kanan atas. Seperti itulah cara membuat video yang goyang menjadi lebih stabil dengan bantuan aplikasi Google Photos. Selain fitur stabilisasi, terdapat juga pilihan untuk memutar ataupun memotong video sesuai keinginan.

Menurut Android Police, Google mulai menggarap fitur baru ini sejak Agustus lalu. Untuk memakai fitur baru ini, pengguna Android atau iPhone lebih dulu harus mengunduh aplikasi Google Photo yang terbaru.

Related Post

Tips Tidur Nyenyak Meskipun Suhu Tengah Panas dan ... Tips tidur nyenyak banyak di cari setiap orang, dimana memiliki banyak permasalah dengan sulit tidur di malam hari. Mulai dari pekerjaan yang harus di...
Bahaya Asap Rokok! Ternyata Bisa Sebabkan Komedo d... Bahaya asap rokok bukan hanya akan menyerang perokok aktif, namun dampak negatif banyak dirasakan oleh perokok pasif di sekitarnya. Hal ini tentu saja...
Tips dan Trik Menghilangkan Noda yang Tertinggal S... Hubungan seks memang sudah menjadi hal yang wajar saja untuk pasangan yang sudah menikah. Malah menjadi sebuah ibadah tersendiri. Sayangnya, seringkal...
Kominfo Akhirnya Blokir Tik Tok, Apakah Akan Di Bu... Delapan Domain Name System (DNS) Tik Tok akhirnya secara resmi diblokir pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, aplikasi musik singkat ini meman...