Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Masalah Kulit Disebabkan Oleh Smartphone, Jangan Anggap Sepele !

Masalah kulit memang bisa datang dari mana saja, biasanya memang dari pola hidup dan jenis makanan yang di konsumsi, namun bisa juga dari faktor kebersihan. Namun apakah Anda menyangka jika gangguan pada kulit bisa datang dari pengguna smartphone terlalu lama? Hal ini memang banyak diabaikan, tetapi Anda tahu benar jika ponsel pintar memiliki radiasi yang cukup besar dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Hal ini banyak Anda ditutupi dengan rapi karena penggunaan makeup, namun jika terus saja melakukan banyak kebiasaan buruk dengan smartphone, maka efek jangka panjang yang akan terjadi. Pasalnya radiasi tidak hanya perlu ditutupi, namun diatasi karena bisa memberikan gangguan yang lebih besar lagi.

Anda masih belum percaya? Coba sekarang perhatikan beberapa masalah kulit yang akan datang karena penggunaan smartphone yang berlebihan, ini akan memberikan Anda pengertian jika memang tidak boleh menggunakan teknologi secara terus menerus. Apalagi menempel setiap saat dengan kulit, sehingga bisa muncul gangguan yang tidak menyenangkan.

4 Masalah Kulit Yang Muncul Akibat Penggunaan Smartphone

  1. Jerawat Batu Membandel

    Munculnya jerawat memang bukan hal aneh, ini normal dan wajar. Pasalnya ada perubahan hormon, biasanya terjadi saat mendekati atau dalam masa menstruasi. Namun jika muncul jerawat yang meradang, besar dan susah di hilangkan, bahkan di pegang saja sakit. Bisa jadi kulit mengalami gangguan dengan penggunaan smartphone terus menerus.

    Pasalnya ponsel akan Anda gunakan setiap harinya, dimana tidak pernah di bersihkan dan terus saja dipakai. Bahkan mungkin tidak jarang di tempelkan di pipi, ini memang awalnya tidak menimbulkan jerawat namun jika ada kotoran dan debu, maka bisa menyebabkan bintik merah tersebut. Solusinya, ada baiknya lebih sering membersihkan smartphone, jika bisa usahakan untuk tidak menempel langsung dengan kulit, apalagi wajah.

    Baca juga : Main Gadget Pakai Satu Tangan Lebih Berisiko Merusak Kesehatan

  2. Masalah Pigmentasi

    Hal memang hal kecil yang banyak diabaikan, Anda tentu pernah melihat adanya noda hitam di wajah, ini akibat pigmentasi. Biasanya memang disebabkan oleh sinar matahari, namun untuk kasus smartphone maka ini disebabkan sinar pada layar. Radiasi akan membuat kulit menjadi rusak, sel kulit mati menumpuk namun tidak bisa merangsang sel kulit baru, sehingga wajah menjadi terlihat lebih kusam.

  3. Dermatitis

    Ini adalah alergi yang bisa disebabkan dari banyak, sebelumnya bisa jadi karena makanan. Namun jika masalah kulit disebabkan oleh smartphone, dimana ponsel pintar hampir semuanya terbuat dari besi, sehingga bisa menjadi alergi jika terkena kulit terus menerus. Selain itu, juga bisa mengalami inflamasi, iritasi adalah awal dari alergi yang disebabkan oleh smartphone.

  4. Penuaan Dini

    Anda tentu tidak ingin memiliki kerutan di wajah saat berusia 35 tahun bukan, kasus ini bukan hal baru lagi ditemukan pada wanita yang terlalu banyak menggunakan smartphone. Pasalnya ini menempel langsung dengan kulit, bahkan setiap harinya. Sehingga membuat sel kulit tidak bisa beregenerasi dan menghasilkan sel kulit baru.

    Akan terjadi penumpukan sel kulit mati, dimana membuat kulit menjadi terlihat kusam dan menghitam. Selain itu, radiasi smartphone juga merusak kolagen alami dalam kulit, sehingga kulit menjadi tidak sehat. Tandanya, akan terasa kering dan keras, bahkan saat disentuh menjadi sakit. Ini waktunya kulit harus mendapatkan penanganan tepat.

Sebelum semua masalah kulit terjadi hanya karena smartphone, gunakan teknologi sesuai kebutuhan. Mengakses segala informasi baru memang penting, namun Anda tidak boleh mengakibatkan dampak negatifnya. Ini akan sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya, jika memang harus berkaitan dengan radiasi, imbangi dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur sehingga tubuh akan menjadi lebih siap.