Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mari Makan Ikan Agar Bisa Menjadi Pintar

Mari Makan Ikan Agar Bisa Menjadi Pintar

Ketersediaan ikan sebagai sumber dari protein di Indonesia sangatlah berlimpah. Sebagai negara maritim yang dikelilingi oleh garis pantai membuat ikan menjadi hasil laut andalan di Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum menjadikan ikan sebagai makanan utama dalam kesehariannya. Berikut beberapa alasan yang bisa buat kamu mengonsumsi ikan setiap hari.

Pakar gizi menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi ikan secara rutin dalam membantu pertumbuhan dan juga menunjang perkembangan sel otak anak. Kandungan omega-3 yang tinggi membuat otak anak bisa lebih cepat berkembang. Berdasarkan pada hasil penelitian pun, anak yang rutin makan ikan punya IQ yang lebih tinggi 4,8 poin. Makan ikan juga dapat memperbaiki kualitas tidur sehingga fungsi kognitif jadi lebih optimal.

Sedangkan dampak dari kekurangan makan ikan alias kekurangan omega-3 diantaranya adalah sulit fokus, mudah lelah, masalah tidur, kognitif lambat hingga kesulitan dalam belajar. Menurut Adrian Raine, Seorang Profesor University of Pennsylvania, ada korelasi antara konsumsi ikan dengan fungsi kognitif yang lebih baik.

Ikan merupakan makanan yang sedang gencar dipromosikan di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi laut dan ragam ikan yang melimpah. Berbagai penelitian menyebutkan mengenai manfaat makan ikan terhadap kesehatan, antara lain: sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk otak; ikan juga baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dari dalam kandungan, dan lain–lain.

Dapat terlihat bahwa kandungan gizi ikan itu merupakan sumber protein dan lemak, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang kita butuhkan.  Dengan demikian tidak ada salahnya kita memasukkan ikan sebagai salah satu menu lauk makan kita.  Para ahli mengatakan bahwa sangat bagus mengonsumsi sekitar dua atau tiga porsi ikan setiap minggu, namun mereka yang tidak terbiasa makan ikan, terutama anak-anak, mungkin memerlukan beberapa waktu untuk membiasakan diri.

Ada beberapa tips membuat anak jadi gemar mengonsumsi ikan dalam waktu singkat. Pertama, belilah ikan segar. Sebagai permulaan, pilihlah ikan air tawar yang nyaris tidak memiliki bau amis seperti ikan laut. Jika ikan yang Anda beli memiliki bau tidak segar dan tidak sedap, maka akan ada kemungkinan ikan itu sudah busuk.

Kedua, cobalah untuk membuat menu makanan yang berbeda setiap kali Anda memasak dengan bahan dasar ikan, demi menghindari bosan. Bisa jadi, bila si kecil malas atau tidak nafsu makan akibat bosan dengan menu yang itu-itu saja. Ketiga, bawa mereka ke tempat memancing. Jika memungkinkan, libatkan pula memancing. Ketika anak berhasil memancing ikan dengan tangan mereka sendiri, maka besar kemungkinan buah hati akan antusias untuk mengonsumsi hasil yang mereka dapatkan.

Related Post

Tips Semangat Bekerja di Kantor Selama Puasa Bulan Ramadan waktunya bekerja keras, jangan malas malasan hanya karena sedang menjalankan ibadah puasa, ini hanya akan menjadi beban dan tidak bisa...
Merajut, Hobi yang Ternyata Mencegah Terkena Penya... Merajut merupakan kegiatan yang membutuhkan kesabaran ekstra, tidak semua orang bisa melakukan hobi ini karena perlu waktu dan ketelitian tinggi. Anda...
Hati-hati Baju Bekas Bisa Menambah Derita Para Kor... Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda pulau Sulawesi membuat banyak orang maupun lembaga sosial berlomba-lomba untuk memberikan bantuan. Namun ternyat...
Inilah Pesawat-pesawat Kepresidenan Paling Mewah D... Memiliki pesawat kenegaraan tentu tidak hanya soal gengsi di hadapan pemimpin dunia, tapi juga soal keamanan kepala negara dalam bepergian. Mau tahu...