Tuesday, December 11Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mari Cari Tahu Apakah Anda Beresiko Terkena AIDS

Mari Cari Tahu Apakah Anda Beresiko Terkena AIDS

Hari AIDS Sedunia pada tahun ini telah masuk ke usia 30, sejak pertama kali diperingati pada tanggal 1 Desember 1998. Tema yang diangkat di Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah “Know Your Status” atau ketahui status risiko kamu. Mengutip dari situs UNAIDS, program bersama PBB untuk penanganan HIV/AIDS, sekarang ini di seluruh dunia terdapat 37 juta orang hidup bersama HIV.

Angka tersebut adalah jumlah tertinggi yang pernah ada, namun seperempat orang ternyata tidak tahu bahwa mereka memiliki virus tersebut. Data terakhir pun menunjukkan, pada tahun 2017, terdapat 1,8 juta orang baru yang teridentifikasi HIV.  Menurut UNAIDS, mengetahui status HIV adalah titik awal untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Misalnya saja untuk segera mendapat pengobatan, melakukan pencegahan bagi kelompok yang beresiko, mendapatkan perawatan dan juga dukungan.  “Orang yang dites positif HIV harus langsung segera mendapat terapi antiretroviral agar mampu tetap hidup sehat” terang UNAIDS. Terapi antiretroviral (ARV) ini juga termasuk dalam pencegahan penularan virus.

Mengetahui status HIV pun dianggap memungkinkan bagi orang untuk membuat keputusan  tentang pilihan pencegahan dari HIV, termasuk pada anak-anak, serta juga penggunaan kondom pria dan juga wanita.  Apakah itu tes HIV? Cara awal untuk mengetahui status kita ini adalah dengan melakukan pemeriksaan HIV. Seperti yang ditulis oleh Kompas.com, tes HIV bisa dilakukan di sejumlah rumah sakit atau juga di Puskesmas.

Menurut Program Manager KIOS Universitas Atma Jaya Jakarta, Husen, tes HIV itu memiliki tiga tahapan: pra-tes, tes HIV (pengambilan contoh darah), dan terakhir adalah pasca-tes.  Pada tahap yang pertama, seseorang akan dibekali pengetahuan tentang apakah itu HIV/AIDS, termasuk bagaimana harus bersikap setelah mengetahui hasil dari tes HIV.

Setelah melewati tahap yang pertama, selanjutnya orang yang dites itu akan diambil contoh darahnya untuk dicek.  Tahap terakhir yaitu pemberian hasil tes tersebut.  Tes HIV itu sendiri memiliki beberapa jenis. Pertama yaitu tes standar berupa rapid tes, Elisa atau pun EIA. Bila hasil tes ini positif, maka Anda telah terinfeksi HIV dan akan sangat perlu dikonfirmasi dengan tes Western Blot.  Jenis tes HIV tersebut sudah memiliki akurasi sampai 99,5 persen dan hasilnya bisa selesai dalam waktu satu hari.

Related Post

Seram! Ini 3 Kisah Mengerikan yang Terjadi Setelah... Pernah mendengar mengenai viagra? Obat kuat satu ini sebenarnya tak asing lagi di banyak kalangan. Para pria, bahkan di Indonesia sekalipun sering kal...
Ini Komentar Anies Baswedan Terhadap Permintaan Pe... Anies Baswedan begitu menyayangkan sikap PemKot Bekasi yang justru meramaikan masalah dana kemitraan atau dana hibah di media. Gubernur DKI Jakarta ...
Peringatan Lagi Untuk Para Orangtua, Anak Ini Meng... Negeri tiongkok selain terkenal karena menjadi negara dengan populasi manusia terpadat di dunia sehingga membuat banyak pula kejadian unik yang terj...
Langkah-Langkah Mencegah Terjadinya Menopause Dini... Menopause adalah hal yang pada akhirnya akan terjadi pada semua wanita sama seperti keriput yang timbul pada wajah wanita seiring meningkatnya usia te...