Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mari Berbuka Puasa Dengan Cara Dan Menu Yang Sehat

Mari Berbuka Puasa Dengan Cara Dan Menu Yang Sehat

Tak jarang saat berbuka puasa kita kalap dan akhirnya kekenyangan. Padahal disarankan untuk menyantap makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu, lho. Bukan itu saja, tak semua jenis makanan juga bisa asal dikonsumsi.

Menurut dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, ahli gizi dari klinik lightHOUSE, sebaiknya pilih menu buka puasa yang dapat menaikkan gula darah dengan cepat. Konsumsi menu yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi tubuh yang hilang seharian. Nah, agar asupan nutrisi tetap terpenuhi dan terhindar dari penyakit pencernaan, berikut kumparan sajikan panduan makan yang tepat dan sehat:

Menu buka puasa

  1. Air putih dan kurma

Berbukalah dengan mengkonsumsi air dan makanan yang manis seperti kurma. Kurma mengandung gula alami, serat, potasium, dan magnesium yang bisa mengembalikan energi tubuh dalam waktu singkat. Sementara air putih dapat mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

  1. Jus buah

Rachmanida Nuzrina, S.Gz, M.Sc, dosen gizi Universitas Esa Unggul mengatakan jus buah atau buah potong juga bisa dikonsumsi sebagai alternatif menu buka puasa. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat memberikan asupan cukup tanpa membebani perut setelah 13 jam beristirahat.

Menu utama

Usai salat Magrib, barulah kita bisa menyantap makanan berat. Atur menu utama dengan komposisi lengkap seperti nasi, protein, sumber lemak baik, serta sayuran. Sebaiknya, porsi yang kita santap juga tidak terlalu banyak.

Lauk yang direkomendasikan oleh dr. Grace antara lain ayam, ikan, tahu, tempe, telur, dan kacang-kacangan. Usahakan semua makanan tersebut tak dimasak dengan banyak minyak agar manfaatnya bisa maksimal.

Setelah salat Isya dan tarawih

Menurut Rachmanida, kita bisa mengkonsumsi buah kering, kacang-kacangan, dan granola sebagai asupan nutrisi tambahan. Bisa juga sambil ditemani air putih atau air kelapa yang kaya akan potasium dan mineral lainnya. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa terpenuhi zat gizinya.

Selain mengatur menu, perlu diingat untuk selalu menyantapnya dalam porsi kecil dan tidak terburu-buru, ya. Supaya seluruh organ tubuh kita tidak bekerja terlalu keras dalam mencerna makanan. Selamat berpuasa!