Wednesday, August 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Tersangka Dugaan Makar

Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Tersangka Dugaan Makar

Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol (Purn) M. Sofyan Jacob telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan makar. Kasus Sofyan merupakan pelimpahan kasus dari Bareskrim Polri. “Sudah tersangka dan kasusnya merupakan pelimpahan dari Bareskrim Polri,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin (10/6).

Argo tak merinci secara detail kapan penetapan tersangka terhadap pria yang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya periode Mei-Desember 2001 itu . Menurutnya penetapan tersebut dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Argo juga belum menjelaskan, perkataan atau perbuatan apa yang membuat Sofyan Jacob menjadi tersangka makar. Sofyan Jacob telah dijadwalkan akan diperiksa hari Senin (10/6) oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, namun pemeriksaan tersebut ditunda.

Menurut Argo, penundaan pemeriksaan tersebut dikarenakan pihak dari Sofyan meminta penjadwalan ulang. “Iya ditunda,” jelas Argo. Sementara, pengacara Sofyan, Ahmad Yani, mengatakan kliennya berhalangan hadir karena sakit. Karena itu, dia meminta penyidik untuk menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Sofyan.

“Ya hari ini Pak Sofyan Jacob sudah dijadwalkan pemeriksaan tapi karena beliau berhalangan karena sakit. Pada hari ini pula tadi kita antar ke penyidik untuk di-reschedule ulang dan kami siap hadirkan Pak Sofyan Jacob,” ucap Yani saat berada di Mapolda Metro Jaya, Senin (10/6).

Dalam Pilpres 2019, Sofyan Jacob merupakan pendukung Prabowo-Sandi. Dia turut berpidato di depan kediaman Prabowo di Kertanegara tak lama setelah hasil quick count keluar pada Rabu, 17 April 2019.

Kasus Sofyan merupakan pelimpahan kasus dari Bareskrim Polri. Argo tak merinci secara detail kapan penetapan tersangka terhadap pria yang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya periode Mei-Desember 2001 itu. Sofyan Jacob telah dijadwalkan untuk diperiksa hari Senin (10/6) oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Namun ternyata pemeriksaan tersebut ditunda.

Namun, kata Argo, Sofyan berhalangan lantaran sakit. Argo mengatakan penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan tersebut.

Pengacara mantan Kapolda Metro Jaya Sofyan Jacob, Ahmad Yani, hari ini menyampaikan surat permohonan penundaan pemeriksaan kliennya ke Polda Metro Jaya. Ia mengatakan kliennya siap hadir jika pemeriksaan diagendakan menjadi pekan depan. “Tadi suratnya kami antar ke penyidik. Penjadwalan ulangnya pun tergantung pada penyidik kapan,” ujar dia di Polda Metro Jaya.