Tuesday, February 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Meningkatnya kebutuhan gizi pada ibu hamil dan menyusui membuatnya harus benar-benar menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, agar tidak hanya sekedar dapat menghilangkan rasa lapar dan haus, tapi juga dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi diri dan janin/bayinya. Salah satu cara untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut adalah dengan mengkonsumsi pepaya.

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan ibu menyusui disebabkan karena buah ini mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh, baik bagi sang ibu maupun janin/bayinya. Selain itu pepaya juga efektif untuk mengatasi berbagai persoalan yang kerap menyertai masa kehamilan atau saat ibu menyusui.

Berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan ibu menyusui:

1. Membantu Sistem Pencernaan

Gangguan sistem pencernaan kerap menyerang ibu hamil dengan gejala utama sembelit atau sulit buang air besar. Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan, karena dapat mengganggu pertumbuhan janin yang dikandungnya. Untuk mengatasi cukup dengan mengkonsumsi buah pepaya, karena tingginya kandungan serat yang terdapat pada buah pepaya dapat membantu memperlancar proses pencernaan.

2. Membantu Pertumbuhan Janin

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap utamanya Vitamin A yang berlimpah, pepaya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, karena dapat membantu pertumbuhan bayi, menyehatkan mata janin, serta membantu pertumbuhan kulit serta otak.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Buah Anggur Untuk Kesehatan

3. Mengatasi Dehidrasi

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang lainnya adalah mengatasi dehidrasi. Serangan dehidrasi kerap menimpah ibu hamil dan menyusui sebab air yang dikonsumsi tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk janin/bayi. Persoalannya, ada sebagian orang yang sulit untuk minum, sehingga jika dibiarkan dapat mengalami dehidrasi. Persoalan tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah pepaya, karena sebanyak 93% dari daging buah pepaya terdiri atas cairan.

4. Menjaga Tekanan Darah

Kandungan kalium pada buah pepaya membuatnya bermanfaat untuk mengontrol proses natrium, sehingga membantu ibu hamil meningkatkan kewaspadaan mental sekaligus menjaga tekanan darah.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan diperkaya Vitamin C dan antioksidan, membuat buah pepaya efektif untuk menangkal radikal bebas, dan mencegah berbagai macam penyakit yang datang pada masa kehamilan maupun saat menyusui. Begitu pula dengan kandungan beta karoten yang dimiliki, membuat pepaya dapat menjaga kekebalan tubuh selama masa kehamilan dan menyusui.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Related Post

Inovasi Alat Deteksi Narkoba Ciptaan Siswa Asal In... Mencari ilmu di sekolah atau lembaga pendidikan lain memang tidak hanya datang, belajar lalu mengerjakan PR serta menjalani ujian kemudian lulus. Na...
Pelajaran Untuk Para Orangtua, Penggunakan Gadget ... Namanya adalah Zein Raffael, anak balita usia 3 tahun yang sehari-hari terlihat riang ini mendadak divonis kanker darah stadium 4. Kira-kira di seki...
Warisan Dunia, Mengapa Kota Tua Selalu Mengalami K... Warisan dunia merupakan situs atau tempat yang termasuk dalam peninggalan sejarah, hal ini dinobatkan oleh UNESCO. Namun sayang, Kota Tua Jakarta dini...
Tips Cantik dan Awet Muda Ala Maudy Koesnaedi Semua wanita tentu ingin tampil cantik, namun usia tidak bisa dihentikan. Dimana penuaan akan terus terjadi setiap harinya, namun kenapa ada wanita ya...