Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Manfaat Bersyukur

Manfaat Bersyukur

Bersyukur adalah wujud dari rasa terima kasih kita kepada Allah SWT atas apa yang telah kita terima dalam hidup dan kehidupan ini. Karenanya bersyukur tidak dapat dilepaskan dari dimensi spiritual yang tidak hanya memberi pengaruh terhadap fisik, tapi juga mental. Pengaruh yang dimaksud sudah barang tentu pengaruh positif, seperti sikap tenang, semangat hidup yang berkobar, pengharapan akan masa depan yang lebih baik, dan sebagainya.

Berikut beberapa manfaat bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita:

1. Hidup Bahagia

Rasa syukur membuat kita menerima dengan senang hati apapun yang diberikan Allah SWT. Kita tidak merasa bersedih meskipun kekayaan yang kita miliki lebih sedikit dari orang lain. Kita tidak rendah diri meski fisik kita tidak sesempurna orang lain. Kita juga tidak marah meskipun mendapatkan berbagai cobaan yang berat, karena kita selalu yakin, apapun yang diberikan Allah adalah yang terbaik untuk kita. Keikhlasan dalam menerima kondisi apapun itulah yang mengusir rasa sedih, gundah, rendah diri, dan amarah, sehingga hidup kita senantiasa bahagia.

2. Panjang Umur dan Awet Muda

Konon menurut sejumlah penelitian, ada dua hal yang memberi pengaruh besar pada kesehatan dan umur manusia, yaitu pola makan dan pola hidup termasuk didalamnya pola pikir.  Mereka yang senantiasa bersyukur, akan terjauhkan dari sifat iri, dengki serta amarah. Dengan terjauhkan dari berbagai sifat negatif tersebut, tubuh akan memberikan reaksi positif berupa denyut jantung yang stabil, lancarnya peredaran darah, berfunginya syaraf-syaraf secara normal, serta yang lain. Sehingga manfaat bersyukur akan membuat organ-organ tubuh berfungsi secara normal, dan hal tersebut dapat menjadikan seseorang senantiasa terlihat awet muda serta panjang umur.

3. Bangkitkan Rasa Percaya Diri

Mereka yang senantiasa bersyukur akan memiliki pandangan bahwa setiap orang dianugerahi potensi sekaligus kekurangan, dan menjadi tugas dari orang tersebut untuk meningkatkan potensi yang dimiliki serta meminimalisir kekurangan yang terdapat pada dirinya. Hal inilah yang membangkitkan rasa percaya diri pada mereka yang suka bersyukur, karena mereka merasa yakin bahwa dirinya memiliki potensi untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada.

4. Tumbuhkan Sikap Optimis

Dengan keyakinan dan rasa percaya diri, mereka yang senantiasa bersyukur akan selalu optimis dalam menjalani hidup, sebab mereka percaya Allah akan memberikan yang terbaik bagi dirinya. Lebih dari itu, manfaat bersyukur juga membuat seseorang senantiasa berintrospeksi, menakar kelebihan sekaligus kekurangan yang dimiliki, dan dengan instrospeksi itulah sikap optimis tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Good Mood Sepanjang Hari Bahkan Setelah Bangun Tidur, Ini Caranya

5. Terhindar dari Penyakit

Menurut hasil penelitian yang dilakukan University of Utah dengan objek penelitian para mahasiswa dari jurusan hukum, sikap optimis dapat menetralisir stress sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena sikap optimis dapat menstimulasi sel-sel darah guna memelihara dan meningkatkan kesehatan sekaligus memberikan kekebalan pada tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

6. Menumbuhkan Sifat Perduli Pada Sesama

Manfaat bersyukur yang lain adalah tumbuhnya sikap perduli pada sesama. Mereka yang selalu bersyukur akan merasa bahwa apa yang ada pada dirinya sudah lebih dari cukup, karena itu wajib baginya untuk berbagi pada sesama, sebab apa yang ada pada dirinya sesungguhnya hanyalah titipan dari Allah SWT.

Karena merasa sudah cukup dengan apa yang dimiliki, pribadi-pribadi orang yang suka bersyukur memiliki sifat materialistis atau kebendaan yang rendah. Mereka tidak lagi memperdulikan hal-hal yang bersifat materi, dan tidak pernah menilai kesuksesan dan keberhasilan dirinya maupun orang lain dari banyaknya harta kekayaan yang dikumpulkan, melainkan dari seberapa tinggi derajat keimanan.

7. Kenikmatan Akan Bertambah

Dalam Qur’an Surat Ibrahim ayat 7, Allah berfirman: ” Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah Aku berikan kepada kalian maka niscaya Aku akan menambah nikmat yang telah Aku berikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa-Ku itu pedih.“.

Janji Allah itu pasti. Jadi, jika ingin memperoleh kehidupan yang lebih baik dari apa yang kita miliki saat ini, cobalah untuk memulai bersyukur atas apa yang kita miliki atau yang dititipkan Allah kepada kita. Itulah manfaat bersyukur yang tentunya sangat kita harapkan, yaitu memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan.