Friday, August 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Manakah Yang Lebih Baik Dari Dua Musisi Wanita Muda Bertalenta Ini

Manakah Yang Lebih Baik Dari Dua Musisi Wanita Muda Bertalenta Ini

Di Indonesia saat ini begitu banyak penyanyi wanita yang bertalenta dan memiliki suara emas. Akan tetapi, tidak semuanya punya kemampuan untuk bernyanyi sambil memainkan alat musik. Dari beberapa musisi wanita yang bisa memainkan alat musik, dua di antaranya adalah @yurayunita dan @isyanasarasvati. Hampir dalam setiap kesempatan di panggung off air mereka bermain alat musik kesayangan masing-masing.

Namun, meski memiliki bakat yang sama, Yura dan Isyana mempunyai sejumlah perbedaan dalam bermusik. Apa saja? Di Indonesia, banyak sekali penyanyi wanita yang bertalenta dan juga memiliki suara emas. Akan tetapi, tidak semuanya punya kemampuan untuk bernyanyi sambil memainkan alat musik. Dari beberapa musisi wanita yang diketahui memang bisa memainkan alat musik, ada dua di antaranya adalah Yura Yunita dan juga Isyana Sarasvati. Hampir dalam setiap kesempatan di panggung off air mereka bermain alat musik kesayangan masing-masing.

Di bawah ini, kami akan mengulas perbedaan Yura Yunita dan Isyana Sarasvati saat manggung sambil memainkan alat musik. Yura Yunita adalah salah satu penyanyi genre jazz Indonesia yang namanya sedang naik daun sekarang ini. Ia telah memiliki ketertarikan pada dunia musik sejak usianya masih sangat kecil.

Penyanyi berdarah Sunda ini mengawali karir di dunia hiburan dengan mengikuti salah satu ajang pencarian bakat yaitu The Voice Indonesia. Namun, perempuan 26 tahun itu hanya bertahan selama dua minggu saja dalam kompetisi itu. Tangan dingin Glenn Fredly akhirnya yang membawa Yura menjadi seorang penyanyi profesional. Debut pertamanya yaitu lagu ‘Cinta dan Rahasia’ yang dinyanyikannya bersama dengan Glenn.

Pemilik nama lengkap Yunita Rachman ini memang tidak hanya sekadar bernyanyi saja. Namun ia juga ahli dalam menciptakan lirik-lirik yang romantis, serta komposisi musik yang juga ciamik. Yura bahkan pernah menulis lagu untuk beberapa penyanyi lain seperti misalnya Tulus dan juga diva Titi DJ. Selain hal itu, penyanyi berambut ikal ini juga jago dalam memainkan beberapa alat musik. Penampilan Yura seakan ada yang kurang jika tidak memainkan alat musik tersebut.

Dari beberapa alat musik yang bisa dikuasai olehnya, pelantun lagu ‘Merakit’ tersebut paling sering memainkan alat musik keyboard. Ia pernah menunjukkan kepiawaiannya bermain keyboard saat bertandang ke kantor kumparan beberapa waktu yang lalu. Ketika itu, Yura melantunkan lagu ‘Harus Bahagia’ dan ‘Intuisi’.

Yura bahkan juga selalu menghadirkan alat musik perkusi saat akan manggung di acara-acara off air. Ia biasanya akan memainkan alat musik itu saat membawakan lagu berjudul ‘Kataji’. Penonton bisa menikmati aksi Yura bernyanyi, bergoyang, sambil memainkan perkusi saat mendengarkan lagu berbahasa Sunda tersebut.

Di awal kemunculannya di industri musik Indonesia, Isyana Sarasvati sempat mendapat beragam komentar pedas dari para netizen. Ia dianggap mirip sekali dengan Raisa Andriana, salah satu penyanyi wanita terbaik yang ada di Tanah Air. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penyanyi berusia 25 tahun itu telah berhasil menunjukkan kualitas dan juga jati dirinya. Isyana sendiri merupakan lulusan musik dari Nanyang Academy of Fine Arts, di Singapura dan Royal College of Music, di Britania Raya.

Pelantun lagu berjudul ‘Keep Being You’ tersebut bukan hanya dikenal dengan suara emasnya dan juga lagu-lagunya yang easy listening. Namun, ia juga ahli dalam memainkan berbagai macam alat musik. Saat sedang membawakan lagu-lagunya yang bernuansa mellow, ia biasanya akan bernyanyi sembari memainkan grand piano. Walaupun kelihatannya mirip dengan keyboard atau piano elektrik, namun grand piano diketahui memiliki tingkat kesulitan yang sangat jauh berbeda.

Penyanyi berdarah Sunda itu pun harus bisa menyeimbangkan antara suara, serta jari jemari yang bergerak lincah di atas piano, serta kedua kakinya. Sebab, grand piano adalah alat musik akustik yang tak bisa diatur secara digital. Tak heran rasanya kalau Isyana piawai sekali dalam bermain alat musik. Hal tersebut dikarenakan ia memang telah mengenal berbagai alat musik sejak usianya masih menginjak umur enam tahun. Isyana diketahui juga ahli dalam memainkan electone, flute, serta saxophone.

Saat sedang tampil di atas panggung, Isyana tidak selalu mengandalkan keyboard atau pun grand piano. Dalam beberapa kesempatan, ia terlihat lebih memilih untuk tampil dengan menggunakan keytar, alat musik yang merupakan perpaduan antara keyboard dengan gitar. Meskipun terkesan simple, namun keytar ternyata juga memiliki tingkat kerumitan sendiri saat sedang dimainkan.