Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan yang Baik untuk Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah adalah ukuran tekanan darah dalam sistem peredaran darah. Tekanan darah yang sehat atau normal dicirikan lebih dari 120 di atas 80 dan kurang dari 140 di atas 90 (120/80-140/90). Jika lebih tinggi dari kisaran itu, katakanlah 150/100, Anda akan dianggap memiliki tekanan darah tinggi, yang dapat menimbulkan kekhawatiran.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menyebabkan dinding arteri Anda mengembang. Tekanan ini dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang sering menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan masalah yang mengancam jiwa. Terlepas dari kabar buruk itu, ada beberapa kabar baik yang datang dalam bentuk makanan sehat yang dapat mencegah, menurunkan dan bahkan membalikkan kerusakan jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

1. Oatmeal

Oatmeal telah lama dikenal akan manfaat jantung sehatnya. Pada tahun 1995, FDA secara resmi menyetujui klaim kesehatan jantung dari The Quaker Oats Company. Faktanya, ini adalah klaim kesehatan berbasis makanan pertama yang disetujui oleh FDA untuk dipasarkan pada sebuah kotak produk.

Sekarang, 23 tahun kemudian, Quaker Oats dan beberapa makanan lain yang terbuat dari gandum utuh memiliki stempel persetujuan “Sehat Jantung” oleh FDA. Manfaat jantung sehat ini muncul karena kemampuan oatmeal untuk menghasilkan serat tinggi, rendah lemak, dan rendah sodium.

2. Pisang

Beberapa vitamin sehat seperti vitamin C dan B-6 dimiliki pisang. Mereka juga memberikan karbohidrat, protein, serat dan magnesium. Tetapi pisang yang paling terkenal, adalah salah satu hal terbaik untuk jantung Anda: Kalium.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah, yaitu dengan menyeimbangkan efek negatif dari garam. Garam menahan air, yang bisa menimbulkan masalah jika ginjal Anda tidak bisa membuangnya. Semakin banyak cairan yang Anda miliki dalam tubuh Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda.

3. Kentang

Jika pisang bukan milikmu, itu tidak apa-apa. Anda memiliki beberapa opsi lagi untuk mendapatkan kalium yang sangat penting itu. Kentang menempati urutan teratas dalam daftar. Dalam satu kentang, mengandung sekitar 897 mg potasium. Itu 25 persen dari jumlah yang disarankan. Pastikan kentang Anda tidak datang dalam bentuk kentang goreng asin.

4. Coklat Hitam

Ada begitu banyak manfaat jantung sehat dari cokelat hitam – hampir terlalu banyak untuk disebutkan. Dalam 100 gram batang dengan 70-85% kakao mengandung serat, besi, magnesium, tembaga, mangan, serta banyak potasium, fosfor, seng, dan selenium.

Penelitian telah menemukan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, dan sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa makan cokelat hitam dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular (CVD). Studi ini menunjukkan bahwa hingga 100 gram cokelat hitam per hari mungkin dikaitkan dengan risiko CVD yang lebih rendah.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa 100 gram (3,5 ons) adalah jumlah yang cukup besar, dan memang datang dengan jumlah kalori yang besar (647 tepatnya) serta 42 g lemak dan 24 g gula.