Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan Sehat Ini Justru Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah

Makanan Sehat Ini Justru Sering Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah

Makanan sehat memang memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi tubuh. Sayangnya, ada beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi dengan cara yang salah, sehingga mengurangi bahkan menghilangkan kadar nutrisinya.

Beberapa jenis makanan tersebut sering kita jumpai, bahkan mungkin menjadi makanan pokok yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Ingin tahu apa saja? Mari kita simak ulasannya seperti yang dikutip dari Eat This berikut ini.

  1. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang selalu hadir dalam daftar makanan sehat. Tak heran, soalnya buah berwarna merah ini mengandung kadar vitamin yang bisa menyehatkan tubuh. Sayangnya, kadar vitamin tersebut akan hilang jika kamu mengupas bagian kulit apel.

“Kulit apel kaya akan nutrisi seperti serat dan antioksidan,” ungkap Pakar Nutrisi dan Kesehatan di Yummly, Edwina Clark. Oleh karena itu, jika kamu mengupas buah apel maka akan kehilangan beragam manfaat kesehatan seperti, peningkatan pemenuhan gizi harian hingga pengurangan peradangan.

  1. Kacang

Banyak dari kita yang percaya bahwa mengonsumsi kacang-kacangan mentah itu baik untuk kesehatan. Ternyata anggapan tersebut tidaklah tepat, soalnya menurut Dr. Raymond Tolmos, seorang pakar kesehatan di Miami, menyebutkan bahwa kacang mentah mengandung anti-nutrisi seperti lektin dan asam fitat yang bisa menyebabkan irtitasi pada usus.

Sebaliknya, untuk mengurangi kandungan anti-nutrisi tersebut, Dr. Raymond menyarankan kita untuk merendam dan mengeringkan dahulu kacang sebelum dikonsumsi. “Misalnya merendam kacang walnut dan kacang tanah selama 12 jam, almond selama 7 jam, dan kacang mete selama 4-6 jam. Setelah direndam, keringkan dalam oven dengan suhu 150 Fahrenheit,” tambah Dr. Raymond.

  1. Bayam

Sama seperti kacang, bayam juga harus dimasak dahulu sebelum dikonsumsi, lho. Menurut Dr. Raymond Tolmos, memasak bayam bisa menurunkan asam oksalat dan bisa meningkatkan kadar vitamin A dan E, protein, serat, seng, kalsium, dan zat besi.

“Jika kamu tak ingin memasaknya, coba kombinasikan bayam tersebut dengan sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Alasannya, agar tubuh kamu bisa menyerap zat besi yang ada di dalam bayam,” kata Dr. Raymond.

  1. Bawang putih

Siapa di antara kamu yang sering memotong atau mencincang bawang putih beberapa detik sebelum dimasukkan ke dalam wajan? Jika iya, sebaiknya tunggu 5-10 menit sebelum dimasak, ya! Soalnya bawang putih mengandung senyawa alisin atau sejenis senyawa aktif yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Nah, senyawa aktif ini akan muncul jika kamu mencincang dan mendiamkan bawang putih selama beberapa menit.

“Sebaliknya jika kamu langsung memasaknya, maka dikhawatirkan senyawa aktif tersebut tidak akan muncul,” ungkap Dr. Raymond.

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan sehat yang mudah dibawa kemana-mana. Dan salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsi buah ini adalah mengombinasikannya dengan jenis makanan lain.

“Jangan pernah makan pisang secara polos. Sebaliknya, tambahkan beberapa jenis lemak seperti mentega almond untuk membantu memetabolisme kandungan gula yang ada pada pisang,” kata pakar kesehatan dan kebugaran, Dr. Daryl Gioffre.