Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan-makanan Paling Berbau Menyengat Dari Berbagai Negara

Makanan-makanan Paling Berbau Menyengat Dari Berbagai Negara

Tak hanya rasa dan tampilannya, kelezatan makanan juga bisa dipengaruhi oleh aroma yang dikeluarkannya. Ya, aroma khas yang dihasilkan dari perpaduan bahan utama dan aneka bumbu masakan ternyata bisa meningkatkan cita rasa makanan.

Namun ternyata ada juga, lho, makanan yang populer karena aromanya yang menyengat dan bisa mengganggu indera penciuman. Aroma menyengat bahkan terkesan busuk ini justru menjadi salah satu daya tarik dan keunikannya.

Misalnya saja terasi yang sering diolah untuk membuat sambal. Aroma menyengatnya justru membuat hidangan semakin menggugah selera. Selain terasi dari Indonesia, masih ada banyak sekali makanan beraroma menyengat dari berbagai negara. Bahkan beberapa makanan ini sering dijuluki sebagai kuliner paling bau di dunia. Apa saja?

  1. Durian

Siapa tak tahu durian? Si Raja Buah ini memang sangat populer di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia hingga Thailand. Meski banyak orang mengakui kelezatan durian, namun banyak juga yang ternyata kurang menyukai buah bertekstur lembut ini. Apalagi kalau bukan karena aroma tajam yang dikeluarkan buah ini.

Beberapa orang bahkan menganggap bahwa aroma durian mirip dengan makanan basi. Bahkan, di beberapa negara terutama wilayah Amerika dan Eropa, durian dilarang untuk dibawa masuk ke dalam pesawat, alat transportasi umum, dan ruang publik lainnya.

  1. Hakarl

Hakarl merupakan salah satu olahan ikan yang terkenal di Islandia. Terbuat dari potongan daging hiu Greenland yang telah difermentasi selama berbulan-bulan. Ciri khas dari makanan peninggalan bangsa Viking ini terletak pada aromanya yang tajam. Selain aroma amoniak yang sangat menyengat, hakarl juga memiliki perpaduan cita rasa yang asin dan sangat amis. Tak heran bila akhirnya hakarl dinobatkan sebagai salah satu makanan paling ekstrem di dunia.

  1. Century egg

Dikenal pula dengan nama telur pitan atau pidan, century egg merupakan olahan telur bebek populer asal China. Nama century egg sendiri diambil dari proses pembuatannya yang membutuhkan waktu sangat lama.

Telur bebek yang telah dibungkus dengan adonan dari campuran bata halus, sekam, dan arang akan didiamkan selama beberapa bulan. Nah, proses pengeraman inilah yang akan mengeluarkan aroma menyengat yang tak jarang membuat orang-orang menutup hidung. Meski aromanya terkesan busuk, tekstur telur yang kenyal dan agak creamy menjadi daya tarik hidangan ini. Century egg sangat cocok dihidangkan bersama bubur khas China bercita rasa gurih.

  1. Natto

Jepang yang identik dengan makanan segar dan mentah ternyata juga punya hidangan fermentasi beraroma busuk, lho. Bernama natto, hidangan tradisional ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan sejenis bakteri.

Hasilnya, kedelai akan menghasilkan aroma amoniak menyengat serta muncul lapisan lengket menyerupai lem yang membuatnya saling merekat. Meski aromanya bisa membuat orang mengernyitkan hidung, tapi menu sarapan tradisional ini dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, lho.

  1. Surströmming

Surströmming merupakan hidangan ekstrem dari Swedia. Kenapa ekstrem? Sebab, olahan dari ikan herring ini bisa membuat siapa pun mual karena aromanya yang sangat kuat. Proses fermentasi dengan garam selama berbulan-bulan membuat sajian tradisional ini beraroma amoniak kuat. Saking mengganggunya aroma yang dikeluarkan surstromming, pemerintah Swedia bahkan mengeluarkan larangan untuk menyantap makanan ini di ruang tertutup.