Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan-makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Halusinasi

Makanan-makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Halusinasi

Makanan tak hanya berfungsi membuat perut kenyang saja, namun juga bisa menyebabkan efek tertentu pada pikiran. Beberapa makanan, misalnya, dapat mengubah suasana hati kita.

Rasa senang, sedih, hingga perubahan mental ringan dapat berubah dengan sesuap makanan saja. Bukan itu saja, ternyata beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan halusinasi. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya, agar tidak membahayakan tubuh dan menyebabkan overdosis. Berikut telah kumparan rangkum lima makanan dan minuman yang bisa menimbulkan halusinasi, di antaranya:

  1. Cabai

Seorang jurnalis dari National Public Radio pada tahun 2011 pernah mengalami semacam halusinasi usai makan cabai HP22B. Cabai asal South Carolina itu telah tercantum dalam Guinness Book of World Records karena memiliki rasa terpedas.

Dilansir bon appetit, efek halusinasi tersebut diduga disebabkan karena dua faktor. Pertama, karena adanya lonjakan hormon endorfin akibat rasa sakit yang disebabkan oleh panas dari cabai. Inilah juga yang membuat sensasi terbakar di lidah juga terasa nikmat.

Selain itu, cabai juga berada dalam satu famili botani yang sama dengan kentang, tembakau, dan tumbuhan mematikan lainnya. Dibandingkan dengan efek tembakau, overdosis karena buah-buahan kentang –yang tumbuh dari bagian batangnya– bisa membuat kita berhalusinasi dan menyebabkan kematian.

Nah, kemungkinan besar, cabai juga bisa memberikan efek halusinasi. Bukan karena kandungan capcaisinnya, tapi kemungkinan besar karena beberapa molekul poten lain yang ada di dalamnya.

  1. Pala

Tak banyak yang tahu, rempah dapur ini sejatinya bersifat psikoaktif dalam dosis tertentu. Dilansir Food NDTV, pala mengandung komponen alami bernama myristicin yang bisa membuat kita merasa pusing dan paranoid bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Efek tersebut biasanya akan muncul tiga hingga enam jam setelah waktu konsumsi, dan bertahan selama 24 jam. Bila tak berhati-hati, overdosis pala juga bisa menimbulkan risiko kematian.

  1. Rye bread

Terbuat dari gandum hitam, rye bread sejatinya masuk ke dalam kategori roti sehat. Namun, saat berjamur, roti ini akan dipenuhi dengan jamur gandum bernama ergot. Jamur tersebut mengandung zat kimia psikoaktif bernama ergotamin yang bisa menyebabkan munculnya halusinasi. Jangan sesekali mengonsumsinya karena ergotamin dapat menyebabkan keracunan yang mengakibatkan kejang-kejang hingga kematian.

  1. Buah mulberry

Buah mulberry merupakan jenis buah yang dibudidayakan di Eropa dan banyak dikonsumsi oleh orang China. Tanaman ini kerap dimanfaatkan untuk budidaya ulat sutra, mengingat bagian daunnya adalah makanan utamanya. Meski buahnya kaya akan manfaat kesehatan, namun ia dapat menimbulkan keracunan bila disantap dalam keadaan mentah.

Menurut The Ohio State University’s Perennial and Biennial Weed Guide, mengonsumsi buah mulberry putih mentah dapat menyebabkan sakit perut, stimulasi pada sistem syaraf, serta halusinasi.

  1. Kafein

Sebuah penelitian di tahun 2009 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa seseorang yang minum tiga cangkir kopi dalam sehari cenderung berhalusinasi setelahnya. Kita akan melihat sesuatu atau mendengar suara-suara khayalan.

Para peneliti menduga, kafein dapat meningkatkan kortisol –hormon yang dihasilkan saat seseorang mengalami stres. Ketika tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol, imbasnya kita akan mengalami halusinasi ringan.