Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan-makanan Ini Bisa Buat Kamu Kenyang Lebih Lama

Makanan-makanan Ini Bisa Buat Kamu Kenyang Lebih Lama

Sering merasa cepat lapar padahal kamu baru saja selesai makan satu jam yang lalu? Bisa jadi, makanan yang kamu santap memang hanya memberi efek kenyang ‘semu’ karena cepat dicerna.

Bahkan, beberapa makanan tersebut bisa membuat energi kita drop setelah beberapa saat. Ujung-ujungnya, badan malah terasa lemas dan tak berenergi. Nah, supaya tubuh kita bisa tetap berenergi sepanjang hari, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, karbohidrat kompleks, serta protein.

Dapat membuat kita kenyang lebih lama dan menjaga kestabilan gula darah, sederet makanan tersebut juga bisa dikonsumsi sebelum melakukan puasa seharian saat Nyepi. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Ikan salmon

Kaya akan nutrisi dan vitamin B12, ikan salmon menjadi salah satu makanan yang berperan untuk meningkatkan dan menjaga energi tubuh. Selain itu, ikan salmon juga menjadi sumber vitamin D alami yang bisa melawan kantuk, membuat kita lebih berenergi sepanjang hari.

  1. Olahan susu

Beberapa olahan susu seperti keju atau yoghurt mengandung gula alami dalam bentuk laktosa. Selain itu, makanan tersebut juga lambat untuk dicerna dan bisa mengenyangkan lebih lama. Karenanya, konsumsi beberapa olahan susu ini sebagai pelengkap asupan nutrisi sebelum berpuasa.

  1. Oatmeal

Salah satu nutrisi yang bisa menjaga tubuh tetap berenergi dan perut kenyang adalah serat. Nah, untuk melengkapi kebutuhan seratmu, kamu juga bisa mengkonsumsi oatmeal sebagai menu makan sebelum puasa. Oatmeal sendiri mengandung serat larut yang berkontribusi dalam menjaga kestabilan tingkat kolesterol, serta serat tak larut yang membantu kita lebih cepat kenyang dan puas.

  1. Ubi

Dilansir runtastic, ubi juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kurang lebih sebesar 4 gram. Padukan ubi dengan sedikit taburan kayu manis dan madu untuk menciptakan menu makan yang nikmat dan mengenyangkan, membuatmu tetap bugar saat berpuasa seharian penuh.

  1. Agar-agar

Tak cuma menjadi sajian dessert yang segar, agar-agar juga kaya akan serat dan bisa bertahan lebih lama di dalam perut. Bahkan, kandungan serat dalam agar-agar mencapai 80 persen, tanpa adanya kandungan kalori, karbohidrat, gula, atau lemak. Usai menyantap menu makanan utama, konsumsilah agar-agar sebagai pencuci mulut yang lebih mengenyangkan.