Wednesday, August 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan Ini Bisa Mencegah Sakit Kepala Saat Sedang Berpuasa

Makanan Ini Bisa Mencegah Sakit Kepala Saat Sedang Berpuasa

Ketika kita berpuasa, salah satu gangguan kesehatan yang mengganggu adalah sakit kepala. Rasa sakit ini biasanya muncul di siang hari atau malam hari, menjelang waktu berbuka puasa. Menurut jurnal The International Classification of Headache Disorders edisi ketiga, nyeri di kepala ini biasanya muncul saat kita tak makan selama puluhan jam. Baru reda dalam waktu 72 jam setelah makan.

Penyebabnya bisa beragam. Mulai dari pengaturan pola makan yang buruk saat sahur dan berbuka, dehidrasi, hingga efek penurunan konsumsi kafein. Maka itu, sebaiknya atur kembali menu makan dan usahakan untuk selalu sahur agar terbebas dari sakit kepala saat puasa. Apa saja jenis makanan yang bisa mencegah sakit kepala? Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Semangka

Salah satu penyebab sakit kepala saat puasa adalah dehidrasi. Karenanya, konsumsi makanan yang kaya air seperti buah semangka. Tak hanya itu, buah menyegarkan ini juga mengandung mineral penting seperti magnesium yang bisa mencegah sakit kepala.

  1. Greek yogurt

Ketika kepala mulai terasa nyeri, ada kemungkinan otak kita membutuhkan asupan kalsium. Mengkonsumsi greek yogurt dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium. Apalagi, jenis yogurt ini tak mengandung pemanis tambahan dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

  1. Sayuran hijau

Konsumsi aneka sayuran hijau mulai dari bayam, daun kale, hingga chard saat sahur. Sederet sayuran ini kaya akan kandungan folat yang bisa mencegah timbulnya sakit kepala. Penelitian berjudul Effects of dietary folate intake on migraine disability and frequency tahun 2015 juga menyebutkan: responden yang kurang asupan folat akan lebih sering mengalami migrain dibandingkan mereka yang rutin mengkonsumsinya.

  1. Kacang almond

Studi dalam jurnal PubMed mengungkapkan, penderita migrain dan sakit kepala rata-rata kekurangan asupan serum magnesium. Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi kacang almond yang kaya akan nutrisi tersebut. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

  1. Ikan salmon

Kandungan omega-3 dalam ikan salmon punya segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencegah sakit kepala dan migrain. Menurut riset yang dilakukan oleh Universitas Cincinnati, suplemen omega-3 terbukti menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan migrain setelah dikonsumsi selama enam minggu. Bukan itu saja, mengkonsumsi ikan salmon juga akan membuatmu tetap bugar dan berenergi selama menjalani puasa.