Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan Enak Penurun Kolesterol Tinggi

Lebaran memang identik dengan makanan enak dan bersantan kental, hal ini tentu memiliki kandungan kolesterol tinggi. Sudah pasti ini jadi musuh untuk usia di atas 40 tahun, bahkan memancing timbulnya penyakit serius. Bahkan bisa memicu terjadinya penyakit komplikasi yang lebih mematikan, ini juga bisa memicu terjadinya serangan jantung.

Apalagi jika sudah berkumpul tentu saja lupa dengan penyakit dan pantangan makanan, sehingga memilih menyantap semua makanan yang tersedia. Akibatnya, akan terjadi kenaikan kadar kolesterol dan membuat gejala ringan seperti ngilu dan sakit di bagian tertentu.

Pertolongan pertama tentu saja menggunakan obat, namun ini sebaiknya tidak digunakan jangka panjang karena memang kurang bagus untuk organ tubuh lainnya. Ternyata ada makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, bahkan rasanya sangat enak dan bisa di konsumsi setiap harinya.

5 Jenis Makanan Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

  1. Oatmeal

    Ini merupakan gandum utuh yang sangat bagus untuk sarapan, bahkan memiliki banyak kandungan serat yang sangat bagus untuk tubuh. Bahkan sudah dilakukan penelitian, jika ouatmeal memiliki banyak serat yang dapat melarutkan dan mengurangi kandungan kolesterol dalam darah.

    Jika ingin di konsumsi setiap harinya, ada baiknya menambahkan oatmeal dengan bahan lainnya yang tetap mempertahankan kandungan baiknya. Seperti madu dan buah-buahan, sehingga tidak akan terasa hambar dan nyaman di konsumsi setiap harinya, paling bagus memang konsumsi semangkuk oatmeal setiap pagi hari.

  2. Kacang-Kacangan

    Makanan utuh yang bisa di konsumsi setiap harinya adalah kacang-kacangan, dimana mengandung banyak protein, lemak tak jenuh dan pitosterol yang dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bahkan menghalangi penyerapan lebih lanjut di usus. Ada baiknya untuk mendapatkan semua kebaikan tersebut, konsumsi secara utuh tanpa tambahan bahan lainnya.

    Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang baik di konsumsi setiap harinya, seperti almond, walnit dan kacang mede. Bahkan sudah ada penelitian yang menyebutkan, konsumsi kacang-kacangan dalam dua hingga tiga porsi setiap harinya bisa menurunkan kolesterol hingga 10 mg/dl.

    Baca juga : banyak manfaat konsumsi air kelapa muda untuk tubuh

  3. Buah-Buahan

    Hampir semua bahan dari alam memang bisa menurunkan kolesterol dalam darah, dimana memiliki komponen bioaktif yang berperan aktif mencegah terjangkit penyakit jantung dan beberapa penyakit kronis lainnya. Dimana memiliki kandungan anti inflamasi dan anti oksidan, bahkan bisa membuat Anda terlihat awet muda.

    Beberapa jenis buah seperti anggur, stroberi, apel dan sejenis sitrus, dimana memiliki kandungan pektin. Ini akan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, selain itu bentuknya dalam serat larut sehingga tetap berada dalam darah dalam jangka panjang.

  4. Cokelat

    Ini memang makanan yang sangat menyenangkan dan di sukai banyak orang, bahkan memiliki kandungan yang membuat Anda merasa bahagia. Ternyata bukan hanya enak dan manis rasanya, namun memiliki banyak kandungan positif yang membantu menurunkan kandungan kolesterol tinggi dalam tubuh.

    Namun gunakan cokelat hitam atau dark chocolate, dimana banyak memiliki kandungan kolesterol baik (HDL). Ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, dengan konsumsi setiap harinya dalam 12 minggu, maka bisa meningkatkan HDL hingga 24 persen dalam tubuh.

  5. Minyak Zaitun 

    Gaya hidup sehat kini mengubah ibu rumah tangga menggunakan minyak zaitun untuk memasak, selain tidak lengket, lebih gurih ternyata bisa membuat tubuh lebih sehat. Minyak zaitun banyak mengandung asam lemak tak jenuh, sehingga bisa menurunkan kolesterol tinggi, bahkan ada kandungan polifenol yang bisa mengurangi inflamasi.

Ternyata mudah bukan untuk menurunkan kolesterol tinggi tanpa menggunakan obat, terapkan ini dalam gaya hidup sehat. Sehingga tidak akan mengalami gangguan saat ingin konsumsi makanan berlemak dan santan, namun ingat harus seimbang dan tidak melebihi saran dokter.

Related Post

Gempa dan Tsunami Terjang Donggala Dan Palu Dari S... Indonesia kembali berduka, kali ini datangnya dari Donggala dan Palu yang pada hari jumat petang kemarin dilanda gempa dan tsunami yang meluluh lant...
Kate Spade Ditemukan Bunuh Diri di Apartemenya Berita duka untuk dunia fashion, Kate Spade, di temukan sudah dalam meninggal di apartemennya pada 05 Juni 2016 pukul 10.20 waktu setempat. Spade dite...
Biarkan Anak Menangis, Kenali kebaikannya! Biarkan anak menangis, ini memang bukan tindakan setiap orang tua. Pasalnya saat anak-anak sudah mengeluarkan gelagat akan menangis, pasti mendapatkan...
Jelang Piala Dunia, Google Keluarkan Fitur Penduku... Google memberikan hal baru menjelang Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia pada14 Juni hingga 15 Juli mendatang, pasalnya sudah banyak penca...

One Comment

Comments are closed.