Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan Dan Minuman Ini Ampuh Hilangkan Rasa Pedas

Makanan Dan Minuman Ini Ampuh Hilangkan Rasa Pedas

Orang Indonesia dikenal sebagai pecinta makanan pedas. Tidak mengherankan apabila beberapa makanan khasnya pun punya rasa yang pedas menggigit. Sebut saja sambal, rica-rica, hingga balado. Tapi, menyantap terlalu banyak makanan pedas juga dapat menimbulkan efek samping. Kandungan capcaisin pada bahan makanan pedas seperti cabai atau merica bisa menimbulkan efek terbakar di lidah. Bahkan pada dosis tinggi bisa membuat perut mulas.

Minum air jadi salah satu solusinya yang paling sering dipilih. Tapi, ada lho, beberapa makanan yang bisa meredakan rasa pedas di lidah. Misalnya saja lima makanan berikut ini:

  1. Susu

Susu bisa jadi cara cepat untuk menghilangkan rasa panas terbakar setelah menyantap makanan pedas. Penelitian dari New Mexico State University, protein pada susu dapat meredam rasa pedas dari senyawa capcaisin. Sebaiknya minum susu bersuhu hangat untuk efek yang lebih cepat. Susu sapi juga bisa diganti dengan susu lain seperti susu almond atau kedelai.

  1. Gula

Mengemut gula setelah makan pedas juga bisa jadi cara menetralkan rasa pedas di lidah. Rasa manis pada gula ditambah sifatnya yang mudah cair akan melarutkan rasa pedas yang menempel di lidah. Selain gula biasa, bisa juga menggunakan madu atau gula kotak. Gula yang berbentuk padatan kotak lebih mudah menyerap minyak capcaisin dari makanan pedas.

  1. Yogurt

Selain susu, produk turunannya seperti yoghurt juga bisa dimanfaatkan saat rasa pedas menyerang. Berdasarkan data USDA (United States Department of Agriculture), hampir 80 persen protein di dalam yoghurt adalah kasein. Kasein dapat memecah senyawa capcaisin dan menghasilkan efek dingin yang nyaman di lidah. Rasanya yang manis dan asam juga akan mengurangi dominasi rasa pedas yang kuat.

  1. Makanan asam

Air lemon, air jeruk, atau cuka apel adalah makanan bersifat asam yang punya pH rendah. Nah, pH yang rendah ini dapat menetralkan rasa pedas pada makanan berbahan cabai atau merica yang punya sifat basa.

Selain itu, lemon atau cuka apel yang punya rasa kuat juga dapat ‘mengalahkan’ cita rasa makanan pedas. Tapi sebaiknya perhatikan dosis saat akan meminum larutan asam tersebut agar tak menimbulkan masalah pada kesehatan.

  1. Roti

Makanan yang mengandung tepung seperti roti berguna untuk menyerap rasa pedas di lidah. Caranya cukup kunyah roti setelah selesai menyantap hidangan pedas untuk menetralkan rasa di lidah. Selain roti, makanan yang mengandung zat tepung seperti kentang rebus atau nasi hangat juga bisa menyerap rasa pedas.