Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Makanan Bikin Bahagia, Santap Ini Saat Stres Sudah Mulai Melanda

Makanan bikin bahagia, ini pasti akan dicari banyak orang. Pasalnya rutinitas kerja yang padat setiap harinya membuat semua orang mudah stres, akibat terlalu banyak berpikir dan kurang waktu istirahat yang cukup. Selain itu, Anda juga butuh penyegaran dengan melakukan hobi, namun terkadang tidak bisa dilakukan karena kurangnya masa libur.

Kenapa tidak mengatasi stres dengan makan, banyak orang mengatakan ini bukan solusi yang tepat. Malahan akan jadi masalah, karena makan yang salah dan terlalu banyak bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Ini memang benar, namun Anda harus memilih jenis makanan yang tepat. Anda harus mencari makanan yang banyak mengandung hormon serotonin.

Pasalnya saat Anda bahagia, homon serotonin sedang berproduksi dengan baik, dimana hormon ini akan dibentuk oleh otak. Dimana tanpa adanya hormon tersebut, Anda akan merasa murung, sendirian, mudah sedih dan mengalami depresi hanya karena masalah kecil saja. Ini hal yang cukup menakutkan, sehingga harus segera mengatasinya.

Bagaimana cara merangsang otak agar memproduksi hormon serotonin lebih banyak dan tetap aktif, Anda membutuhkan tripofan, ini merupakan asam amino yang menjadi penyusun utama protein. Maka dari itu, harus mencari jenis makanan yang banyak mengandung tritofan, ternyata cukup mudah didapatkan di sekitar kita.

Baca juga : Makanan Terlarang Untuk Meghan Markle Saat Menjalankan Tugas Kerajaan

Anda cukup makan daging, keju dan ikan, dimana memiliki kadar protein lebih tinggi 20 persen dari semua jenis makanan lainnya. Selain itu, bisa juga mengkonsumsi cokelat asli yang masih pahit, buah pisang dan kurma, dimana kadar manis dapat menyerap trotofan dengan baik. Bagaimana jika digabungkan, ini akan membuat perasaan Anda lebih lega dan bahagia, sehingga tidak lagi selalu merasa khawatir.

Gula masih menjadi kandungan terbaik dalam karbohidrat, jika Anda makan namun terlalu sedikit kandungan protein dan hanya akan merasakan kenyang, namun tidak akan bahagia, pasalnya terlalu sedikit produksi hormon serotonin. Maka dari itu, sebelum makan bisa mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu.

Jika memang harus konsumsi karbohidrat, bisa memilih beras, pasta atau kentang, ini cocok untuk program diet, dimana tidak akan terlalu meningkatkan berat badan. Selain itu, rasa pedas juga cenderung akan mendorong orang menjadi lebih bahagia, dimana otak akan memang akan merangsang rasa pedas namun akan segera memproduksi hormon endorphin, ini akan menghilangkan rasa pedas dan menghentikan rasa sakit. Sehingga jangan heran, jika saat makan sesuatu yang pedas, nafsu makan akan meningkat.

Masih ada lagi lagi, makanan bikin bahagia lainnya, yaitu aroma vanili. Anda yang suka di dapur pasti sudah sering menghirup aroma wangi vanili, dimana ini akan terasa sangat manis, sehingga membuat hormon serotonin di produksi lebih banyak. Itulah kenapa, setiap kali makan sesuatu yang manis akan terasa senang, apalagi yang berhubungan dengan cokelat.

Jadi jangan heran, jika makanan bikin bahagia biasanya adalah makanan penutup. Namun harus bijak dalam konsumsi, hindari di malam hari jika tidak ingin terjadi lonjakan berat badan yang cukup besar. Selain itu, jangan sampai Anda harus banyak konsumsi makanan manis sebelum makan, ini akan membuat kenyang terlebih dahulu dan dapat menunda lapar.

One Comment

Comments are closed.