Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Main Gadget Terlalu Lama, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata

Main gadget bukan hal baru di era digital saat ini, bukan hanya orang dewasa namun anak-anak juga sudah punya akses tanpa batas di internet dengan menggunakan gadget. Memang banyak pihak yang menyayangkan keputusan orang tua memberikan gadget pada anak, ini dirasa tidak perlu. Jangan hanya berkedok untuk memberikan kebahagiaan, anak-anak tetap akan bahagia dengan dunianya tanpa gadget.

Terlalu banyak dampak negatif yang kini disebabkan oleh gadget, salah satunya akan mengganggu kesehatan mata. Pasalnya harus terus menerus menatap layar biru dalam waktu cukup panjang, sehingga membuat mata menjadi lebih kering dan tidak bisa menerima rangsang dengan baik.

Ada banyak gangguan yang muncul akibat main gadget terlalu lama, seperti mata kering, mata lelah hingga gangguan aneh seperti computer vision syndrome. Ini semua tentu tidak akan baik untuk mata, apalagi jika setiap saat Anda selalu melihat gadget untuk tahu apa yang kini sedang terjadi, apalagi jika punya banyak sosial media.

Hal pertama yang dilakukan adalah melihat ke arah lain maksimal 30 menit saat main gadget, Anda tidak boleh fokus pada smartphone atau laptop terlalu lama. Maka pindahkan pandangan pada pemandangan di luar, atau melihat sesuatu yang jauh, sehingga mata tidak akan mudah lelah dan mengalami kerusakan akibat sinat gadget yang cukup keras.

Mata kering disebabkan Anda menatap layar gadget tanpa berkedip, ada baiknya relaks saja. Tetap berkedip seperti normal, maka dari itu ada baiknya untuk memindahkan pandangan sementara. Jangan terlalu fokus, karena ini akan mengganggu kesehatan maya. Selain itu, istirahatkan mata beberapa saat. Anda bisa membuat pijatan ringan di sekitar leher hingga pergelangan tangan, cara ini akan sangat bagus untuk mengembalikan aliran darah.

Baca juga : Kebiasaan Tidur Dekat Handphone Dapat Berakibat Tumor Otak

Pastikan jarak normal saat sedang main gadget, Anda harus membuat jarak minimal 30 hingga 40 meter. Selain itu, pastikan jika posisi mata dan layar tidak sejajar, sehingga mata bisa tetap bekerja seperti biasanya. Berhenti bermain setelah 2 jam, ini waktu maksimal dan jangan terlalu lama terpaku dengan layar monitor.

Setelah itu saat main gadget, pastikan setting pencahayaan yang sesuai. Jika di luar ruangan bisa menggunakan cahaya maksimal, namun di dalam ruangan, usahakan lebih redup. Ini akan membuat mata menjadi lebih santai dan tidak mudah mengantuk, selain itu mengatasi mengalami gangguan mata kering.

Jika sedang lelah dan istirahat, bisa melakukan piatan ringan pada mata dan sekitarnya, ini akan mengurangi rasa stres karena terlalu lama di depan layar. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan pikiran menjadi tidak tenang dan mudah mengalami stres. Solusi lain, Anda harus merubah pola makan dan pola hidup, pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur, apalagi yang kaya vitamin A.

Selain itu, perhatian juga anak-anak yang sedang main gadget, jangan sampai terlalu asyik dan lupa waktu. Dampak negatif ringan yang sering muncul adalah gangguan pada mata dan sikap keras kepala, jika Anda meminta untuk meletakkan gadgetnya. Selain itu, pastikan memberikan gadget di usia yang tepat sesuai kebutuhan.

Related Post

The Batman Akan Keluar Dengan Cerita Baru Tanpa As... The Batman akan jadi cerita lanjutan dari franchise Batman, namun ada hal menarik yang tidak akan di ulang kembali. Jika sebelumnya cerita akan bermul...
Orang Sukses Dan Gagal, Terlihat Berbeda Ketika Te... Orang sukses memang punya pandangan yang berbeda dengan mereka yang gagal, apalagi bersikap saat sedang ‘terjatuh’. Jika kebanyakan orang akan menyala...
Hattrick, Jedun Dapat Penghargaan ! Gambar Senyum Jedun Saat Mendapatkan Hotel Prodeo Gratis dari Mapolda   Selalu jatuh dilubang yang sama, itulah yang menimpah nasip dari art...
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah (... Sebelumnya kamu pasti memang sudah dipusingkan dengan munculnya jerawat, setelah itu pun kembali stres saat menghadapi bekasnya. Jerawat sendiri mun...

One Comment

Comments are closed.