Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Macam-macam Jenis Rendang Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Macam-macam Jenis Rendang Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Jika membahas makanan khas Sumatera Barat, apa yang terbesit dipikiranmu pertama kali? Apakah rendangnya? Jika iya, makanan ini memang sudah menjadi kuliner ikonik di provinsi yang beribu kota di Padang tersebut.

Cita rasa rendang yang gurih, asin, kaya bumbu, dan rempah memang terasa sedap apalagi disantap bersama nasi putih hangat yang masih mengepul. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya.

Menurut sejarah, di daerah asalnya rendang merupakan sajian wajib ketika upacara adat, penyambutan tamu kehormatan atau acara besar lainnya. Rendang kian populer seiring mulai banyaknya masyarakat Minangkabau yang merantau ke daerah lain di Indonesia. Bumbunya yang kaya rempah juga merupakan pengaruh dari budaya pedagang Gujarat, India.

Di Indonesia sendiri orang mengenal rendang berupa sajian daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas, dicampur santan lalu dimasak berjam-jam hingga warnanya kehitaman.

Bukan tanpa alasan, rendang daging juga memiliki filosofi mendalam; seperti dagingnya melambangkan ‘niniak mamak’ (pemimpin suku adat), kelapa melambangkan ‘cadiak pandai’ (kaum yang pandai), cabai melambangkan ketegasan, dan bumbunya melambangkan seluruh masyarakat Minangkabau.

Tapi, rendang di Sumatera Barat bukan hanya terbuat dari daging saja, lho. Masih banyak lagi sajian rendang di provinsi ini yang menjadi makanan khas yang tak kalah lezat dari rendang daging. Apa saja macam-macam rendang di Sumatera Barat? Yuk, simak rangkuman dari kumparan berikut ini.

  1. Rendang telur

Mungkin yang ada dibenakmu tentang rendang satu ini adalah telur rebus bulat yang dimasak dengan bumbu rendang, ya? Wah, kamu salah. Soalnya rendang telur yang menjadi makanan khas di Sumatera Barat ini justru bentuk dan teksturnya lebih mirip keripik. Sehingga rendang telur sering menjadi oleh-oleh wajib terutama ketika berkunjung ke kota Payakumbuh.

Biasanya telur dicampur dengan bumbu halus; seperti cabai, kunyit, lengkuas, dan tepung tapioka. Kemudian adonannya direbus hingga matang, lalu dipotong-potong berbentuk persegi, dan digoreng. Setelah itu, barulah dicampurkan bersama bumbu rendang. Lezat!

  1. Rendang jariang

Rendang satu ini juga dikenal dengan nama rendang jengkol. Legit dan pulennya jengkol yang khas dimasak hingga empuk bersama bumbu rendang sehingga terasa gurih, asin, dan sedikit pedas yang meresap hingga kebagian daging terdalamnya. Rendang jengkol ini paling nikmat dimakan bersama nasi putih hangat yang masih mengepul. Mantap!

  1. Rendang pakis

Jika biasanya sayur dengan tekstur kesat ini dimasak menjadi gulai, pakis juga bisa lho dijadikan rendang. Terutama di daerah sekitar Bonjol, Kabupaten Pasaman sebuah upacara adat belum lengkap rasanya jika tanpa kehadiran rendang pakis. Biasanya sayur pakis digoreng dahulu hingga garing, barulah dicampurkan bumbu rendang nan gurih.

  1. Rendang lokan

Sajian rendang unik lainnya yang patut dicoba adalah rendang lokan. Sebenarnya, lokan sendiri merupakan sebutan untuk sejenis kerang yang biasa ditemukan di pesisir pantai atau air tawar. Kemudian daging lokan ini dimasak bersama bumbu rendang, dan tambahan jahe untuk menghilangkan rasa amisnya. Dalam proses memasaknya, lokan baru akan dimasukkan ketika bumbu rendang sudah setengah matang agar dagingnya tidak hancur.

  1. Rendang jantung pisang

Sama halnya seperti sayur pakis, jantung pisang ini biasanya juga dibuat sajian sayur gulai. Tapi, sayur yang teksturnya mirip daging nangka muda tersebut juga bisa dimasak bersama bumbu rendang. Bahkan ketika disantap, rendang jantung pisang ini tampilannya jadi mirip seperti suwiran rendang daging sapi lho, hanya saja tidak keras namun lembut.

  1. Rendang maco

Rendang maco adalah sajian rendang dengan bahan utama maco atau sejenis ikan asin yang ukurannya hampir mirip dengan teri jengki. Rasa ikannya yang asin dan renyah dimasak bersama bumbu rendang hitam yang khas memang bisa bikin ketagihan, apalagi saat disantap bersama nasi putih hangat, nikmat bukan?

  1. Rendang itiak

Rendang itik atau yang dikenal dengan rendang itiak, adalah sajian rendang dengan bahan utama potongan daging itik yang dimasak bersama bumbu rendang hingga meresap. Daging itik yang sedikit keras, namun lembut di dalam ini memang menambah rasa gurih yang khas ketika dicampurkan bersama bumbu rendang.