Friday, August 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Macam-macam Bad Mood Dan Makanan Untuk Mengatasinya

Macam-macam Bad Mood Dan Makanan Untuk Mengatasinya

Tak hanya memberikan rasa kenyang di perut, ternyata makanan juga bisa mempengaruhi suasana hati kita, lho. Ada yang bisa membuat kita bahagia, tapi ada juga yang berdampak negatif. Dikutip dari situs kesehatan Harvard, 90 persen reseptor serotonin terdapat di pencernaan. Selain itu, ada komunikasi dua arah yang terjalin antara usus dan otak melalui syaraf vagus —bagian syaraf yang berfungsi untuk menelan makanan.

Bukan itu saja, perubahan suasana hati juga bisa menjadi sebuah sinyal kalau tubuh kita kekurangan asupan nutrisi tertentu. Nah, berikut telah kumparan rangkum rekomendasi makanan yang bisa kamu santap sesuai dengan mood:

  1. Kurang konsentrasi

Bila kamu mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, otak kita kemungkinan besar kekurangan asupan protein.

Protein berperan penting dalam menciptakan neurotransmitter yang berfungsi untuk mengatur kinerja otak. Supaya tetap fokus, cobalah mengkonsumsi daging, unggas, ikan, telur, dan olahan susu. Atau, bila kamu seorang vegan, kacang kedelai, kacang polong, tempe, dan biji chia bisa jadi pilihan alternatif.

  1. Sensitif dan mudah marah

Ketika kita merasa mudah tersinggung dan tak sabaran, bisa jadi tingkat gula darah kita sedang menurun. Di saat seperti ini, kita perlu mendapat asupan gula. Konsumsilah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti sayuran atau buah segar. Karbohidrat kompleks akan meningkatkan kemampuan darah untuk membawa oksigen ke sel otak dan menstabilkan tingkat glukosa.

  1. Stres dan kelimpungan

Otak kita punya neurotransmitter yang berfungsi mengistirahatkan otak bernama GABA. Saat kita kekurangan asupan magnesium, otak tak akan mampu membangun GABA, membuatnya bekerja terus menerus. Kita pun akan merasa tertekan dan stres.

Dalam kasus yang lebih parah, kekurangan magnesium bahkan bisa menyebabkan gangguan kecemasan dan rasa panik. Menurut US National Institute of Health (NIH), jenis makanan yang kaya magnesium antara lain kacang almond, bayam, kacang mede, susu kedelai, alpukat, roti gandum, dan selai kacang.

  1. Kurang inspirasi

Otak kita sebagian besar terdiri dari lemak. Oleh karena itu, peran lemak sehat seperti omega-3 sangat penting supaya otak tetap berfungsi dengan normal. Asam lemak omega-3 ini dapat meningkatkan memori, mempengaruhi gerak respon tubuh, dan tingkah laku yang baik.

Nah, bila kamu sedang merasa kesulitan untuk berpikir dan mendapat ide, mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak sehat bisa membantumu mendapat inspirasi. Penuhi asupan omega-3 harianmu dengan mengkonsumsi alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian, ikan salmon, tuna, atau makarel.

  1. Mengantuk parah

Apakah kamu merasa sangat mengantuk meski sudah makan dengan benar? Kemungkinan, tubuh kita sedang kekurangan zat besi.

Ada dua jenis sumber zat besi yang bisa kita konsumsi; dari hewan atau tanaman. Beberapa zat besi hewani yang disarankan adalah hati, daging sapi, daging domba, kerang, dan tiram. Sedangkan untuk zat besi nabati, kita bisa mengkonsumsi bayam, apricot, kacang mede, almond, tahu, tempe, oatmeal, hingga labu.