Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lima Tsunami Besar Yang Pernah Melanda Indonesia

Lima Tsunami Besar Yang Pernah Melanda Indonesia

Masih dari bencana gempa dan tsunami yang melanda pulau Sulawesi tepatnya di Sulawesi Tengah yaitu Palu dan Donggala. Memiliki 17.000 pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, membuat Indonesia rentan sekali dengan bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Tercatat sejauh ini ada lima peristiwa tsunami yang pernah menerjang tanah air tercinta ini mulai dari wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Yang pertama ada Tsunami Aceh pada akhir tahun 2004 dimana pada tanggal 26 Desember, ada satu peristiwa yang tidak akan terlupakan oleh masyarakat Indonesia khususnya warga Aceh. Pada hari itu gempa berkekuatan 9,1 SR disertai Tsunami mengguncang Serambi Mekah. Kejadiannya sendiri datang pada pagi hari pukul 07.58 WIB dimana yang mengejutkan tingginya gelombang tsunami mencapai 30 meter. Akibatnya sebanyak 170.000 orang meninggal dunia karena bencana ini dan merupakan satu dari sepuluh gempa terbesar dan terburuk sepanjang sejarah dunia. Tsunami ini juga sampai ke negara-negara lain seperti Sri Lanka, Thailand, Somalia dan Malaysia.

Yang kedua ada Tsunami Pangandaran pada tanggal 17 Juli 2006 yang menerjang Pangandaran, Ciamis, Jawa barat. Sebelum tsunami datang sama seperti Aceh terlebih dahulu terjadi gempa namun dengan kekuatan 7,7 SR. Lalu tsunami dengan ketinggian 5 meter pun menelan semua yang dilaluinya. Diperkirakan 550 orang meninggal dan 200 lebih lainnya dilaporkan hilang.

Yang ketiga ada Tsunami Mentawai yang kembali menerjang Indonesia setelah didahului oleh gempa dengan kekuatan 7,7 SR di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada tanggal 25 Oktober 2010. Tsunami terjadi pada pukul 21.42  dengan ketinggian 10 meter dan melibas 7 desa yang dilaluinya dengan memakan korban 286 orang tewas dan 252 orang dinyatakan hilang.

Yang keempat ada Tsunami Biak pada tanggal 17 Februari 1996 di Papua dengan didahului gempa berkekuatan 8,1 SR. Ketinggian tsunami dilaporkan setinggi 7 meter dan menyebabkan 1018 rumah hancur dan mengakibatkan korban meninggal 109 orang .

Yang terakhir atau yang kelima tentunya Gempa dan Tsunami yang baru saja menerjang Palu dan Donggala dengan kekuatan 7,7 SR dan sampai sejauh ini telah menelan korban sekitar 1000 orang dan ratusan orang masih dinyatakan hilang. Semoga Indonesia terus diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin.