Thursday, December 5Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lima Rempah Alami Yang Bisa Menetralisir Asam Lambung

Lima Rempah Alami Yang Bisa Menetralisir Asam Lambung

Saat sedang kumat, penderita asam lambung tentu sering terganggu dengan rasa tak nyaman, perih, dan mual di perut. Stres, telat makan, konsumsi kopi atau alkohol yang berlebihan, serta rokok bisa jadi pemicunya. Produksi asam lambung berlebih ini bahkan bisa menimbulkan GERD –kondisi naiknya asam lambung hingga ke tenggorokan, menciptakan sensasi terbakar.

Nah, selain mengonsumsi obat-obatan tertentu, penderita asam lambung juga bisa memanfaatkan rempah herbal yang berfungsi menetralisir asam lambung secara alami. Berikut telah kumparan rangkum lima rempah yang bisa mengatasi naiknya asam lambung:

  1. Kayu manis

Kayu manis dapat bekerja sebagai penetralisir asam lambung alami, dengan cara meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan. Penelitian di tahun 2016 yang dipublikasikan dalam journal Scientific Reports menemukan, komponen dalam kayu manis bisa mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin dari dinding lambung.

Konsumsi kayu manis juga dapat mendinginkan suhu perut. Perlu diingat, takaran mengonsumsi kayu manis yang disarankan hanya sebesar 1 gram per hari saja, sebab jumlah asupan kayu manis yang berlebihan justru bisa meracuni tubuh.

  1. Jahe

Sudah sejak lama, jahe digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Termasuk, naiknya asam lambung. Komponen anti-inflamasi dan senyawa fenolat pada jahe, dapat meredakan iritasi saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Dengan begitu, jahe bisa mencegah naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan.

  1. Chamomile

Bagian kepala bunga chamomile kerap dikeringkan untuk dijadikan obat tradisional. Salah satunya, adalah untuk meredakan asam lambung naik.

Chamomile mengandung flavonoid dan minyak volatile yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Menurut penelitian berjudul Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future, suplemen herbal yang mengandung ekstrak chamomile dapat menurunkan kadar asam lambung se-efektif obat antasid.

Baca juga :

 

Bahkan, campuran ekstrak chamomile tersebut lebih efektif dalam mencegah produksi asam lambung berlebih setelahnya, ketimbang konsumsi antasid. Secangkir teh chamomile bisa jadi obat ampuh bagi para penderita asam lambung.

  1. Licorice

Kandungan asam glycyrrhizic pada licoric,e dapat meningkatkan aliran darah pada lapisan dinding lambung, dan menstimulasi perbaikan dinding lambung. Konsumsi licorice dapat menenangkan lapisan membran dinding lambung yang terluka, akibat gangguan pencernaan dan produksi asam lambung berlebih.

  1. Biji adas

Rempah lain yang bisa membantu menetralisir asam lambung adalah biji adas. Bukan itu saja, biji adas juga bisa menenangkan lambung dan merawat pencernaan. Penderita asam lambung bisa mengonsumsinya dengan mengunyahnya langsung, atau menyesap air rendaman biji adas.