Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lima Makanan Ini Dipercaya Bisa Meredakan Cegukan

Lima Makanan Ini Dipercaya Bisa Meredakan Cegukan

Ketika cegukan menyerang, rasanya aktivitas ikut terhenti. Mau melakukan apa saja jadi terganggu karena cegukan. Rupanya cegukan bisa dipicu oleh berbagai faktor seperti makan banyak, makan terlalu cepat, makan makanan pedas, gugup, semangat berlebihan, minuman bersoda, kebanyakan minum alkohol, atau banyaknya udara yang masuk lewat mulut.

Mengutip webmd.com, beberapa faktor tersebut dapat menyebabkan kejang pada diafragma di mana otot memisahkan rongga dada dan rongga perut. Kejang tersebut yang kemudian menyebabkan pita suara secara tiba-tiba tertutut dan kemudian membuat kita mengeluarkan suara ‘hik!’ ketika cegukan.

Cegukan sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni cegukan ringan dan yang jangka panjang. Cegukan ringan biasanya hanya berlangsung dalam hitungan menit hingga satu jam lamanya. Namun, yang membahayakan jika cegukan kamu berlangsung hingga 48 jam atau dua hari. Nah, jika sudah begini kamu perlu memeriksakannya langsung ke dokter, ya.

Namun kamu tak perlu khawatir, jika cegukan tipe ringan ini menyerang beriku beberapa makanan yang bisa membantu meredakannya. Apa saja? Simak tipsnya berikut ini.

Air putih

Minum segelas atau bahkan sebotol air putih kerap menjadi pertolongan pertama saat cegukan. Lalu, bagaimana jika cegukan tidak kunjung berhenti meski sudah minum banyak air putih? Melansir nhs.uk, rupanya air putih yang dinginlah yang lebih cepat meredakan cegukan. Kamu juga bisa mengusapkan es batu di tenggorokan agar saraf yang mengalami kejang lebih rileks.

Lemon dan jeruk nipis

Tips selanjutnya cobalah menggigit sepotong lemon atau jeruk nipis, lalu minum airnya. Kandungan vitamin C alami pada perasan lemon atau jeruk nipis tersebut dapat menghilangkan gangguan di saraf vagus yang berfungsi untuk menelan atau berbicara.

Gula pasir

Mengemut butiran gula pasir juga bisa menjadi obat alami untuk redakan cegukan yang paling enak. Rasanya yang manis dapat merangsang otot diafragma untuk lebih rileks sehingga ketegangan berkurang.

Cuka

Sama halnya seperti lemon atau jeruk nipis, kandungan asam pada cuka ternyata juga bisa membantu meredakan cegukan. Tapi jangan coba meminum cuka dapur, ya. Cuka yang dimaksudkan di sini adalah cuka alami seperti cuka apel. Kamu cukup meminumnya sedikit saja yakni setengah sendok teh saja.

Selai kacang

Mengemut dan juga kemudian menelan selai kacang juga dipercaya dapat meredakan cegukan. Teksturnya yang lengket namun padat inilah yang dimanfaatkan untuk mendorong udara di tenggorokan. Caranya, cukup dengan mengemut sesendok makan selai kacang selama 5-10 detik lalu telan.