Monday, October 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lima Makanan Bergizi Ini Cocok Untuk Menu Sarapan Kamu

Lima Makanan Bergizi Ini Cocok Untuk Menu Sarapan Kamu

Sarapan merupakan langkah baik untuk memulai hari. Menyantap makanan di pagi hari membuat badan lebih bertenaga dan tak mudah lelah saat beraktivitas. Menu sarapan harus memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh. Jadi, memilih hidangan untuk sarapan pun tak boleh sembarangan. Tak perlu bingung soal sarapan. Berikut kumparan sajikan lima hidangan bergizi penambah energi di pagi hari:

  1. Yoghurt dan buah beri

Yoghurt dan beri merupakan menu tepat untuk makan ringan di pagi hari. Sajian ini tak akan membuat perut kembung maupun begah akibat kekenyangan. Dari jurnal yang dikeluarkan University of Kansas Medical Center tahun 2010, yoghurt kaya probiotik. Yoghurt juga tinggi protein. Protein ini menambah energi dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tambahan berry kaya serat juga bisa melancarkan pencernaan di pagi hari.

  1. Omelet keju

Menu serba telur memang jadi pilihan banyak orang untuk sarapan. Salah satunya adalah omelet keju yang lembut dan creamy. Menurut jurnal dari University of Connecticut tahun 2010, seseorang yang sarapan telur lebih cepat merasa kenyang sehingga kalori yang masuk pun lebih sedikit. Sedangkan keju yang tinggi protein akan membantu proses metabolisme sekaligus menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar.

  1. Oatmeal dan buah-buahan

Oatmeal merupakan menu sarapan yang praktis dan kaya gizi. Jurnal Cholesterol Lowering Effect of Oat tahun 2014 menjelaskan: oat mengandung serat unik bernama beta-glucan. Serat tersebut berfungsi menurunkan kolesterol, membuat efek kenyang lebih lama, hingga meningkatkan mood. Tambahan buah segar membuat menu ini cocok untuk yang sedang berdiet. Buah mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori.

  1. Smoothie dan bubuk protein

Smoothie bisa jadi menu pilihan, bila bosan dengan sajian buah yang itu-itu saja. Tambahan bubuk protein membuat smoothie pas untuk sarapan sehat. Bubuk protein merupakan suplemen dari telur, gandum, atau kedelai yang mudah diserap oleh tubuh. Suplemen ini bisa dikombinasikan dengan smoothie agar badan lebih bertenaga dan pastinya sehat.

  1. Kopi

Siapa yang harus menyesap kopi sebelum beraktivitas? Jurnal Effect of Caffeine on Mood and Performance dari Cardiff University tahun 2002, menemukan kafein dapat meningkatkan mood, fokus, hingga kesehatan mental di pagi hari. Namun, biasakan untuk memberi jeda dari bangun tidur ke sesapan kopi pertama di pagi hari.